Mengintip Informasi Berapa Gaji Youtuber per Bulannya


Berapa Gaji Youtuber

Dari orang biasa, orang ternama, hingga artis sekalipun kini ingin menjadi seorang Youtuber. Fenomena ini sudah cukup menjelaskan bahwa menjadi seorang Youtuber sangat potensial dari segi finansial. Tapi, apakah kamu tahu berapa gaji Youtuber per bulannya? Bagi yang ingin tahu, kami akan mencoba membahasnya di sini. Khususnya bagi yang berencana untuk menjadi seorang Youtuber.



Menelisik Sistem Pendapatan Seorang Youtuber

Sebelum kita telisik langsung dari sistem Youtube, alangkah baiknya kita telisik dulu dari kacamata seorang Youtuber. Salah satunya dari seorang Youtuber dengan 300.000-an subscribers, bernama Stanley Hao. Dia membagikan informasi terkait berapa gaji Youtuber pemula. Menurut pengalamannya, penghasilan seorang Youtuber tergantung dari jumlah views. Artinya, penghasilannya bisa bertambah seiring dengan bertambahnya jam terbang.

Menurutnya viewers menjadi tolok ukur besar atau tidaknya pendapatan dia. Itu artinya jumlah subscribers tidak berpengaruh pada pendapatan. Jadi, semakin banyak views, semakin besar penghasilan yang didapatkan.



Sederhananya, subscribers adalah para pelanggan. Sementara viewers adalah para pembeli. Maka, yang menghasilkan tentu saja pembeli. Karena pelanggan belum tentu selalu membeli produk kamu.

Baca Juga : Ukuran Banner YouTube

 

Berapa Gaji Youtuber per Views?

Berapa Gaji Youtuber per Views

Nah, sekarang mari kita langsung telisik dari sistem penghitungan pendapatan Youtube. Seperti yang dijelaskan di atas, penghasilan seorang Youtuber yaitu dari seberapa banyak orang yang menonton videonya.



Menurut berbagai sumber, penghasilan per view video, bisa mencapai 0,01 US$ hingga 0,003 US$ melalui AdSense. Atau, sekitar 0,18 dolar per tampilannya. Akan tetapi, pihak Youtube juga akan membayar Youtuber dengan beberapa faktor pertimbangan  berikut:

  • Jumlah penayangan video milik Youtuber
  • Kualitas iklan yang tampil pada video
  • Pemblokiran iklan
  • Durasi video yang diunggah
  • Jumlah klik iklan yang diterima pemilik video

Kelima faktor di atas, turut mempengaruhi penghasilan seorang Youtuber. Itu artinya, seorang Youtuber bisa berpenghasilan di luar ekspektasi atau hitungannya.

Contohnya, jika kualitas iklannya bagus, maka akan lebih mahal dibandingkan iklan dengan kualitas standar.

Baca Juga : Ukuran Thumbnail YouTube Sesuai Kebutuhan

 

Penghasilan per 1000 Views Menurut Forbes

Berapa gaji Youtuber 1000 subscribers? Maka jawabannya tidak dapat dipastikan. Bisa saja rendah, bisa saja tinggi. Namun, jika pertanyaan tersebut diganti menjadi berapa gaji Youtuber dengan 1000 views? Maka nilainya sudah bisa kita hitung sendiri.

1000 views merupakan angka yang terbilang rendah untuk mendapatkan penghasilan. Namun, meskipun rendah, setidaknya Youtuber sudah bisa mendapatkan uang.

Jika kita estimasikan pendapatannya melalui angka di atas, yaitu 0,01  hingga 0.03 US$, maka penghasilannya sekitar 5 US$ per 1000 views. Nah, untuk views yang lebih banyak, kamu tinggal kalikan saja sesuai dengan views-nya.

 

Penghasilan Youtuber Indonesia

Menurut sumber yang kami bandingkan, ada perbedaan pendapatan antara dari Forbes dan Youtuber di Indonesia. Khususnya, Youtuber yang sudah berpengalaman dan berhasil mencairkan hasil AdSense dari Youtube.

Di Indonesia, ada yang menyebut bahwa penghasilan kasar seorang Youtuber hanya 1 USD saja per 1000 views.

Bahkan, seorang Youtuber dengan nama channel “Ko Ants” membagikan informasi pendapatan 8000 views yang hanya Rp23.000 saja.

Jumlah di atas tentu berbeda dengan apa yang dipaparkan oleh Forbes. Kenapa ada perbedaan antara penghasilan di negara kita dan menurut Forbes? Ternyata ada jawabannya, lho!

Meski sama-sama 1000 views, penghasilan Youtuber di luar negeri bisa lebih besar dari Youtuber di Indonesia. Karena, harga yang dipaparkan oleh Forbes di atas, yaitu berlaku untuk pasar di negara Amerika Serikat.

Sedangkan untuk pasar Indonesia, estimasinya bisa mengacu pada perhitungan views di channel “Ko Ants”. Atau mengacu pada beberapa Youtuber lainnya yang sama-sama dari tanah air.

 

Syarat Mendapatkan Penghasilan dari Youtube

Bagi Youtuber pemula, kamu harus tahu, bahwa meskipun sudah memiliki 1000 views, belum tentu pemula bisa langsung mendapatkan penghasilan. Karena ada sejumlah persyaratan monetisasi dari Youtube.

Akun Youtube belum bisa dimonetisasi sebelum memiliki 1000 subscribers dan 4.000 jam tayang. Sebelum memiliki syarat-syarat tersebut, kamu belum bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube.

Jadi, jika ada pertanyaan berapa gaji Youtuber 100 subscribers? Maka tentu saja jawabannya belum ada penghasilan.

Selain itu, pencairan uang pun ada syaratnya. Uang baru akan dicairkan, atau dikirim pihak Youtube, jika sudah mencapai nilai minimal Rp1.300.000. Jika kurang, maka uang belum bisa kamu ambil.



Bagaimana, sudah tidak penasaran lagi dengan pertanyaan berapa gaji Youtuber? Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kamu terkait dunia AdSense Youtube yang semakin menggiurkan.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x