Digital Ocean • Fast and Secure VPSCloud Computing Platform of Virtual Servers (Droplets), Object Storage (Spaces) and More



Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8


Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8 – Pada artikel kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial tentang bagaimana Cara Membuat FTP (File Transfer Protocol) Server pada sistem operasi Linux khususnya pada distro Linux Debian 8 (Jessie).

Mungkin beberapa dari kita sudah sering mendengar nama FTP yang merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, berdasarkan singkatan ini secara sederhana bisa kita simpulkan jika service ini berkaitan dengan proses pengiriman dan penerimaan file atau data. Sebelum saya menjabarkan bagaimana cara membuat FTP Server pada debian 8, ada baiknya saya menjelaskan dulu sedikit tentang apa itu FTP, apa fungsi FTP dan bagaimana cara kerja FTP, karena mungkin beberapa dari kita ada yang masih belum terlalu kenal tentang FTP ini.




Pengertian FTP

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol yang mana protocol ini adalah salah satu protokol internet yang bisa digunakan untuk proses pengiriman atau penerimaan file antar host yang ada dalam suatu jaringan. FTP ini digunakan dengan pola client-server yang mana ada satu host yang bertindak sebagai server yang memberikan layanan FTP kepada host-host lainnya, host yang menggunakan layanan FTP ini bisa kita sebut sebagai client-nya.

Kegunaan atau Fungsi FTP

Secara umum FTP ini memiliki fungsi untuk melakukan pertukaran data atau file yang mendukung protokol TCP/IP. Jadi kita bisa memanfaatkan protokol ini untuk mengupload, mendownload dan merubah file-file tertentu yang ada pada server yang bertindak sebagai Server FTP. Dengan menggunakan FTP memungkinkan proses transfer atau pertukaran file menjadi lebih reliable dan efisien.

Baca Juga :

Cara Install Apache PHP,MySQL,phpMyAdmin Pada Debian Jessie

Cara kerja FTP

Pada dasarnya FTP menggunakan protokol TCP (Transmission Control Protocol) dengan port 21 dalam melakukan proses komunikasi data. Secara umum FTP menggunakan dua jenis metode yang bisa diimplementasikan sebagai FTP Server, yaitu Authentication Login dan Anonymous Login. Authentication Login merupakan metode yang menggunakan sistem username dan password sebagai media autentikasi, bisa kita simpulkan jika kita tidak memiliki username dan password untuk terkoneksi ke FTP Server maka kita tidak bisa mengakses data pada host yang bertindak sebagai Server FTP. Dan metode Anonymous Login merupakan metode yang memungkinkan kita bisa mengakses data yang ada pada Server FTP tanpa menggunakan username dan password yang spesifik.

Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8

Berikut ini saya akan menjabarkan bagaimana Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8 dan saya asumsikan sistem operasi linux debian 8 sudah terinstall dan berjalan dengan baik pada komputer anda. Silahkan disimak baik-baik panduan berikut ini :

Baca Juga :

Konfigurasi Samba Server Pada Debian [100% Work]

  • Silahkan akses terminal atau konsole debian 8 (Jessie) atau bisa gunakan tool PuTTy
  • Jalan perintah berikut ini pada terminal atau konsole debian 8 (Jessie) anda :

    apt-get install proftpd-basic

    Pada progress install ProFTPD, anda akan menemui form konfirmasi untuk pemilihan tipe service dengan pilihan From Inetd dan StandAlone, silahkan pilih “StandAlone

  • Setelah selesai proses install ProFTPD, buat sebuah user pada debian, dilanjutkan dengan membuat direktori untuk user tersebut beserta izin kepemilikan direktori tersebut, jalankan perintah-perintah berikut ini dan sesuaikan nama user yang ingin anda buat :

    useradd topsetting
    mkdir /home/topsetting
    chown -Rf topsetting /home/topsetting

    Kemudian beri password untuk user yang sudah anda buat, perhatikan perintah berikut ini :

    passwd topsetting

    Silahkan masukkan password yang anda inginkan dan diikuti juga dengan konfirmasi password
    Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8 - create password user-min

Setelah selesai langkah-langkah diatas, saatnya kita lakukan pengetesan koneksi FTP dengan user yang telah dibuat pada langkah diatas, silahkan anda buka Windows Explorer dan pada url bar ketikkan link dengan format : ftp://ip_ftp_server , perhatikan contoh berikut ini :

ftp://172.16.10.50

Jika service ProFTP sudah berjalan normal pada debian anda, anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut ini :
Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8 - Login-min

Silahkan login dengan akun user beserta password yang sudah dibuat sesuai langkah diatas, pada gambar dibawah ini saya sudah sukses membuat sebuah folder/direktori pada FTP Server menggunakan Windows Exporer dengan koneksi FTP (File Transfer Protocol) :
Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8 - test create folder-min

Berikut ini penampakan folder/direktori yang sudah saya buat dengan menggunakan perintah ls pada terminal debian :
Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8 - test create folder2-min

Dan berikut ini penampakannya saat saya test menggunakan web browser untuk mengakses data di FTP Server, tentunya masih dengan akun user yang sudah dibuat sebelumnya :
Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8 - ftp with browser1-min
Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8 - ftp with browser2-min

Tidak terlalu susah bukan untuk konfigurasi awal Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8 😀 , silahkan anda praktekkan langsung di server debian anda. Jika anda menggunakan distro linux lain tapi masih menggunakan software ProFTP Basic, konfigurasinya tidak terlalu berbeda dan bisa anda sesuaikan.



Sekian dulu untuk artikel kali ini, selamat mencoba, selamat bereksperimen dan semoga tutorial ini bisa bermanfaat buat kita semua. Jangan lupa untuk terus mengunjungi TopSETTING.COM untuk mendapatkan artikel dan tutorial bermanfaat lainnya.

   

Leave a Comment

2 Comments on "Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8"

Notify of
avatar
Sort By:   Newest | Oldest | Most Voted
Fahrul
Guest

Maksud gua fungsi dari semua ketika nya ,Misal Fungsi dari apt-get install Proftpd atuh bang

wpDiscuz