4 Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul di Blog


cara mengatasi iklan AdSense yang tidak muncul

AdSense merupakan salah satu sumber penghasilan bagi para blogger. Akan tetapi, bagaimana jika iklan tersebut tidak muncul? Tentu akan berdampak buruk pada penghasilan. Namun jangan khawatir, kami akan paparkan cara mengatasi iklan AdSense yang tidak muncul di sini, khususnya untuk Google AdSense.



Penjelasan kami di sini akan membantu kamu untuk segera mengatasinya. Dengan begitu, penghasilan dari iklan akan kembali berjalan dan penghasilanmu kembali normal.

 

Penyebab Iklan Tidak Muncul

Sebelum ke penjelasan cara mengatasi iklan AdSense yang tidak muncul, alangkah baiknya kamu kenali terlebih dahulu penyebabnya. Karena dari penyebab iklan AdSense jarang muncul, sedikitnya kamu bisa tahu trik untuk mengatasinya. Berikut penyebabnya:



1. Iklan Diblokir Oleh User

Adblock merupakan salah satu fitur yang saat ini sudah tersedia di berbagai aplikasi browser. Fungsinya yaitu untuk memberi kenyamanan ekstra bagi para pengguna browser saat melakukan browsing.

Fitur ini merupakan salah satu penyebab iklan milikmu tidak muncul. Pasalnya, pengguna memblokir semua tampilan iklan di blog. Hal ini juga umum menjadi penyebab iklan AdSense tidak muncul di hp.

2. Kode Iklan Tidak Terpasang dengan Benar

Iklan yang tampil di blog biasanya berbentuk sebuah kode atau script. Nah, kode tersebut nantinya ditempel pada menu pengaturan blog.

Jika pemilik blog salah memasang kode, maka iklan tidak akan muncul. Kesalahan bisa terjadi karena beberapa faktor. Misalnya kesalahan saat copy paste kode yang tidak sempurna.

Baca Juga : Apakah Blogspot Bisa Menghasilkan Uang?

3. Belum Disetujui Secara Keseluruhan

Umumnya, iklan dari Google AdSense akan diproses melalui tahapan review. Pada tahap review kedua, biasanya iklan belum muncul dan masih blank.



Review kedua merupakan sebuah uji kelayakan dari Google AdSense. Tujuannya untuk mengetahui apakah blog yang kamu miliki sudah layak menjadi publisher iklan Google AdSense atau tidak.

4. Iklan Tidak Muncul Saat Mengganti Template

Mengganti template website atau blog, akan mengubah dan mengganti struktur dari website terkait. Hal ini bisa menyebabkan iklan AdSense kadang muncul kadang tidak sama sekali.

Biasanya iklan tidak muncul karena permasalahan dari kualitas template yang digunakan. Kualitasnya biasanya lebih rendah dibandingkan dengan jenis template sebelumnya.

5. Iklan Tertutup Objek Lain

Permasalahan ini sedikit rumit terutama bagi yang belum paham CSS (Cascading Style Sheet) atau coding. Karena, permasalahan terjadi karena pengaplikasian kode yang tidak tepat.

Kesalahan tersebut dapat menyebabkan iklan tertimpa oleh objek lain. Artinya, kondisi ini bukan karena iklannya tidak muncul, melainkan tertutup saja.

Baca Juga : Cara Melihat Keyword yang Paling Banyak Dicari

Cara Mengatasi Iklan yang Tidak Muncul

Dari penyebab-penyebab di atas, sedikit banyak kamu sudah memiliki gambaran terkait solusinya. Untuk lebih jelasnya lagi, kami akan coba membahas cara-cara mengatasinya di bawah ini:

1. Cek Dashboard AdSense

Jika ada permasalahan terkait iklan, silahkan kamu cek dashboard AdSense terlebih dahulu. Pihak Google akan memberitahumu jika ada suatu kesalahan terjadi pada iklan yang dipasang.

Jika permasalahannya ringan, pihak Google akan menyertakan solusi pada dashboard. Biasanya Google akan menempatkan sebuah tombol aksi agar publisher AdSense bisa menyelesaikan masalahnya langsung.

2. Pastikan Script Terpasang dengan Sempurna

Salah menyalin kode iklan bisa berakibat fatal. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan iklan tidak tampil. Jadi, pastikan tidak ada kode yang tidak tersalin. Kemudian copy di tempat yang benar agar tampil dan tidak tertutupi objek lain.

3. Hindari Penggunaan Widget yang Terlalu Banyak

Widget adalah salah satu objek yang bisa menutupi iklan di bagian-bagian tertentu. Jadi, pastikan penggunaan widget pada blog sewajarnya saja, ya! Pilih widget yang penting saja.

Cek pada tampilan blog milikmu. Apakah masih ada banyak widget yang tidak penting dan berpotensi menutupi iklan atau tidak? Jika ada, silahkan hapus sebagian.

4. Mengikuti TOS (Term of Service) Google

Sebelum menjadi publisher, kamu harus mengetahui poin-poin TOS dari Google. Karena, satu saja poin TOS kamu langgar, bisa berakibat pada penutupan iklan dari pihak terkait.

Contohnya seperti membuat konten pornografi, kekerasan, SARA, dan lainnya. Hal-hal tersebut akan membuat iklan Google AdSense milikmu hilang, bahkan di-banned selamanya.



Pada dasarnya, cara mengatasi iklan AdSense yang tidak muncul tidak terlalu rumit. Terutama jika kamu mengetahui penyebab-penyebabnya. Melalui cara-cara di atas, kini kamu bisa mencegah dan mengatasinya dengan langkah yang mudah. Selamat mencoba.

51vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x