Digital Ocean • Fast and Secure VPSCloud Computing Platform of Virtual Servers (Droplets), Object Storage (Spaces) and More



Cara Menghubungkan MikroTik ke Internet Untuk Pemula


Cara Menghubungkan MikroTik ke Internet Cara Menghubungkan MikroTik ke Internet – Untuk pemula yang masih belum bisa menghubungkan mikrotiknya ke internet, artikel ini mungkin bisa menjadi solusi. Karena disini saya akan membahas tutorial Cara Menghubungkan MikroTik ke Internet Untuk Pemula dengan beberapa langkah wajib, yaitu penentuan interface publik dan lokal, set ip address, set gateway, set dns, dan set nat masquerade.

Terlebih dahulu silahkan anda siapkan perangkatnya dan saya asumsikan internet pada modem sudah terkoneksi dengan baik serta mikrotik yang digunakan misalnya RB-750 dengan kondisi masih default alias belum pernah disetting atau sudah direset, silahkan anda ikuti panduan yang akan saya jelasnkan dibawah ini secara teliti.




Baca Juga :

Pengertian Prerouting Postrouting Forward di MikroTik

  • Colokkan kabel LAN ke modem internet lalu ujung satunya lagi colokkan ke port-1 mikrotik. Jika menggunakan modem indihome umumnya port-3 untuk penerusan internet ke jaringan lokal
  • Selanjutnya colokkan kabel LAN ke port-2 mikrotik dan ujung satunya lagi ke hub/switch atau langsung ke komputer anda. Perhatikan gambar berikut untuk melihat topologinya :

    Tutorial Menghubungkan MikroTik ke Internet Untuk Pemula
  • Selanjutnya silahkan akses mikrotik anda dengan WinBox, jika belum ada silahkan download melalui situs resmi mikrotik indonesia : DOWNLOAD WINBOX atau bisa juga anda download dengan mengakses web GUI mikrotik anda
  • Lalu anda scan ip address atau mac address mikrotik anda dengan winbox dengan mengklik tombol yang bertitik 3, lihat gambar berikut :

    WinBox

    setelah terdeteksi seperti pada gambar diatas, klik mac address yang terdeteksi pada kolom mac address lalu masukkan username dan password ( default user : admin dan password : kosongkan), selanjutnya klik tombol Connect.

  • Setelah masuk ke mikrotik anda via winbox, silahkan anda buka menu New Terminal yang ada pada jajaran menu di samping kiri.
  • Selanjutnya pada new terminal anda ketikkan perintah berikut untuk mengganti nama interface sesuai fungsinya :

  • Lalu berikan ip address untuk masing-masing interface tersebut, saya asumsikan ip address modem internet anda adalah 192.168.1.1/24. Dan akan kita alokasi kan ip address 192.168.1.2/24 untuk interface publik pada mikrotik. Untuk interface lokal pada mikrotik akan dialokasikan ip address misalnya 192.168.2.1/24.

    Pemberian ip address ini silahkan anda sesuaikan dengan kondisi di tempat anda. Silahkan ketikkan perintah-perintah berikut untuk pemberian ip address pada interface mikrotik :

  • Selanjutnya kita tentukan gateway dari mikrotik agar bisa terhubung ke ke internet. Yang menjadi gateway bagi mikrotik disini adalah modem internet anda. Jadi gateway yang akan diset untuk mikrotik adalah ip address modem internet tersebut. Ketikkan perintah berikut untuk memberikan gateway untuk mikrotik :

  • Langkah berikutnya adalah pemberian DNS Server pada mikrotik agar nama-nama host di internet bisa diresolve oleh mikrotik, saya asumsikan DNS yang akan digunakan adalah DNS Google. Ketikkan perintah berikut :

  • Selanjutnya kita buat sebuah rule NAT Masquerade di table ip - firewall - nat untuk penterjemahan ip address lokal anda menjadi ip publik agar komputer-komputer di jaringan lokal anda bisa terhubung ke internet. Ketikkan perintah berikut :

  • Selanjutnya pada komputer anda silahkan anda berikan ip address yang satu network dengan ip address interface lokal di mikrotik. Berikut contoh konfigurasi ip address pada komputer anda :

  • Setelah semua langkah-langkah anda sudah benar sesuai panduan diatas, seharusnya semua sudah bisa terhubung ke internet. Silahkan lakukan tes ping ke detik.com dari komputer anda. Jika masih belum terhubung ke internet, coba dipahami lagi artikel ini dari awal.
  •  
    Setelah mikrotik anda terhubung ke internet, selanjutnya tinggal dikonfigurasikan seperti untuk server hotspot, dhcp server atau manajemen bandwidth yang mudah-mudahan bisa saya bahas di kesempatan lain.



    Demikianlah artikel mengenai artikel mengenai Cara Menghubungkan MikroTik ke Internet Untuk Pemula yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat para pemula yang masih belum bisa menghubungkan mikrotik ke internet. Selamat Bereksperimen.

       

Leave a Comment

2 Comments on "Cara Menghubungkan MikroTik ke Internet Untuk Pemula"

Notify of
avatar
Sort By:   Newest | Oldest | Most Voted
Member
nDhoro Legi

Bosku.. sebelumnya saya berterimaksih buanyak dg atas artikelnya, Saya sudah mengikuti petunjuk dari awal sampai akhir di artikel ini dan udah berhasil terhubung ke internet melalui port mikrotik no 2..
tapi setelah saya coba mencoba pakai port mikrotik no 3,4 dan 5 kok gak bisa terhubung,
kira kira masalahnya dmn ya boss?..

wpDiscuz