Digital Ocean • Fast and Secure VPSCloud Computing Platform of Virtual Servers (Droplets), Object Storage (Spaces) and More



Cara Install Lighttpd, PHP-5.6, MariaDB, PHPMyAdmin : Ubuntu 14.04


Cara Install Lighttpd, PHP-5.6, MariaDB, PHPMyAdminPada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Install Lighttpd, PHP-5.6, MariaDB, PHPMyAdmin pada linux Ubuntu khususnya versi 14.04 (Trusty). Lighttpd merupakan salah satu aplikasi untuk membangun sebuah webserver selain Apache dan Nginx. Beberapa orang lebih memilih menggunakan Lighttpd dalam membangun web server dikarenakan kemampuannya dalam menghandle trafik yang tinggi dengan penggunaan resource sistem yang rendah dan tentunya dengan performa yang stabil dan mumpuni.

Berdasarkan review yang saya jumpai di forum-forum baik itu forum lokal maupun forum international dan disertai pengalaman saya sendir, Lighttpd ini memang lebih ringan dibanding Web Server Apache, dan memenuhi standarisasi international dalam pengaplikasian sebagai mesin web server produksi. Jika anda ingin mengetahui lebih tentang Lighttpd ini, anda bisa langsung mengunjungi Website Resmi Lighttpd.




Saya asumsikan disini anda sudah memiliki Linux Ubuntu 14.04 (Trusty) yang sudah terinstall dengan baik dan sudah terhubung ke internet agar proses download paket-paket software beserta dependencies-nya berjalan dengan lancar.

Baca Juga :

Cara Install Apache PHP,MySQL,phpMyAdmin Pada Debian Jessie

Update Repositori

Sebelum anda memulai proses instalasi paket-paket software yang dibutuhkan, ada baiknya lakukan update database repositori pada server linux anda dengan perintah apt-get update, dan disini saya menggunakan repositori lokal dari Kambing.ui.ac.id.

Setelah anda mengganti daftar repositori yang ada pada file /etc/apt/sources.list, jangan lupa lakukan update dengan perintah apt-get update dan tunggu sampai proses update selesai.

 

Install Paket Software Lighttpd

Untuk Install Paket Software Lighttpd, bisa anda lakukan dengan perintah berikut ini :

Setelah selesai proses langkah diatas, silahkan buka browser anda dan akses http://ip_server_linux_anda, misal : http://172.16.10.10/ dan seharusnya anda sudah bisa melihat tampilan homepage default dari Lighttpd, seperti gambar berikut ini :

Cara Install Lighttpd

 

Install Paket Software PHP-5.6

Kemudian kita lanjutkan dengan menginstall Paket Software PHP-5.6, disini saya masih menggunakan Engine PHP versi 5.6 karena saya sendiri masih nyaman menggunakan versi ini dan jarang banyak memberikan masalah dalam menjalankan aplikasi web yang menggunakan bahasa PHP sebagai backend-nya. Jalankan baris-baris perintah berikut :

Cara Install PHP-5.6

Jika anda melihat seperti gambar diatas, lanjutkan dengan menekan tombol ENTER, kemudian anda lanjutkan dengan menjalankan perintah dibawah ini dan tunggu sampai proses instalasi selesai :

Baca Juga :

Cara Mengaktifkan Protokol HTTPS atau Mod SSL pada Web Server Apache

 

Mengkonfigurasikan Lighttpd dan PHP-5.6

Setelah instalasi Engine PHP-5.6 selesai, kita lanjutkan dengan mengaktifkan modul FastCGI dan FastCGI-PHP dengan perintah berikut ini :

Agar Engine PHP bisa berjalan dengan baik pada Lighttpd, kita harus meng-enablekan direktif cgi.fix_pathinfo=1 yang ada pada file /etc/php/5.6/fpm/php.ini dengan perintah nano /etc/php/5.6/fpm/php.ini, setelah filenya terbuka tekan tombol CTRL + W dan ketikkan cgi.fix_pathinfo=1 dan ENTER, kemudian enablekan dengan menghapus semi-colon yang ada pada awal baris direktif tersebut.

Kemudian lanjutkan dengan membuat sebuah file dengan nama phpinfo.php pada root direktori lighttpd untuk melakukan pengecekan sederhana apakah Engine PHP sudah berjalan dengan baik pada Lighttpd, jalankan perintah berikut ini :

dan pastekan baris script berikut :

Silahkan simpan file phpinfo.php dan kemudian lanjutkan dengan menjalankan perintah-perintah berikut untuk merestart service lighttpd dan service php5.6-fpm :

Jika semua berjalan lancar seharusnya anda sudah bisa melihat tampilan seperti gambar berikut ini :
Cara Install PHP-5.6 - PHP Info Lighttpd

 

Install Paket Software MariaDB Server dan MariaDB Client

Selanjutnya kita akan menginstall Paket Software MariaDB Server dan MariaDB Client, kenapa disini saya memilih MariaDB daripada MySQL ? MariaDB sendiri merupakan pengembangan lanjutan dari MySQL yang mana MariaDB ini diklaim memiliki performa yang lebih baik dalam hal kecepatan Query dan Penggunaan Resource daripada MySQL. Untuk menginstall MariaDB Server dan MariaDB Client, jalankan perintah berikut ini :

Pada pertengahan proses instalasi mariadb-server dan mariadb-client, anda akan menjumpai prompt untuk pemberian password database untuk user “ root”, silahkan isi sesuai dengan password yang ingin anda gunakan.

Kemudian lanjutkan dengan menjalankan perintah berikut untuk mengkonfigurasikan MySQL :

Anda akan menemui beberapa opsi pertanyaan seperti berikut ini :

  • Change the root password? [Y/n], mengganti password user root untuk login ke PHPMyAdmin
  • Remove anonymous users? [Y/n], menghapus user anonymous
  • Disallow root login remotely? [Y/n], mendisablekan remote akses ke database untuk user root
  • Remove test database and access to it? [Y/n], menghapus database “test”
  • Reload privilege tables now? [Y/n], mereload/merefresh privileges tabel

 

Mendownload PHPMyAdmin Terbaru

Setelah selesai langkah diatas, selanjutnya kita akan mendownload PHPMyAdmin versi terbaru langsung melalui situs resmi PHPMyAdmin, SILAHKAN KLIK DISINI untuk memudahkan kita dalam me-manage database berbasis GUI (Graphical User Interface).

Selanjutnya anda ekstrak PHPMyAdmin yang sudah didownload dan upload ke ke direktori /usr/share/ dengan menggunakan TOOL WINSCP dan ubah nama direktori PHPMyAdmin yang sudah diekstrak menjadi phpmyadmin dan buat simbolik link di direktori /var/www/ dengan perintah berikut :

Atau anda juga bisa menggunakan perintah-perintah dibawah ini sebagai alternatif, jalankan perintah-perintah berikut satu per satu :

Selanjutnya buka browser dan akses http://ip_server_linux_anda/phpmyadmin, sesuaikan ip address atau domainnya dengan milik anda, contoh : http://172.16.10.10/phpmyadmin, perhatikan gambar berikut :
Cara Install PHPMyAdmin Ubuntu 14.04

Kemudian silahkan login ke PHPMyAdmin dengan user root dan password yang sudah anda tentukan pada langkah sebelumnya. Karena disini kita menggunakan PHPMyAdmin portable dari awal maka table phpmyadmin belum terkonfigurasi ke database MySQL, sehingga anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut ini di dashboard PHPMyAdmin :
Database PHPMyAdmin Belum Dikonfigurasikan

Silahkan klik link yang saya tandai pada gambar diatas, dan selanjutnya anda akan melihat seperti gambar berikut ini, dan lanjutkan dengan mengklik link yang saya tandai (create) :
create a database named phpmyadmin

Kemudian kembali ke dashboard PHPMyAdmin / http://ip_server_linux_anda/phpmyadmin, masih ada satu notifikasi error yaitu : The configuration file now needs a secret passphrase (blowfish_secret). yang berada pada bagian bawah dashboard PHPMyAdmin. Untuk menghilangkan ini kita harus menambahkan blowfish_secret pada file config.inc.php yang ada pada direktori /usr/share/phpmyadmin. Jalankan perintah-perintah dibawah ini satu per satu :

Dan pada direktif $cfg['blowfish_secret'] = '';, silahkan isi dengan secret yang anda inginkan minimal 32 karakter, sebagai contoh : abcdefghijklmnopqrstuvwxyz0123456789 , sehingga penampakannya seperti gambar berikut ini :
PHPMyAdmin The configuration file now needs a secret passphrase (blowfish_secret)

Setelah selesai dan perubahan pada file config.inc.php disimpan, silahkan restart service mysql dengan perintah service mysql restart.

Kemudian silahkan logout dari PHPMyAdmin dan refresh browser anda, seharusnya anda sudah tidak lagi melihat notifikasi The configuration file now needs a secret passphrase (blowfish_secret). pada bagian bawah dashboard PHPMyAdmin dan server anda siap digunakan sebagai web server.

Semua langkah-langkah yang ada pada tutorial ini sudah saya verifikasi sebelum dipublis, jadi jika anda menemui kendala dan permasalahan dalam praktek dengan mengikuti tutorial ini, silahkan periksa kembali langkah-langkah anda. Dan saya merekomendasikan sebagai bahan praktek, gunakan sistem linux ubuntu 14.04 yang masih dalam kondisi fresh install.



Demikian artikel kali ini yang membahas bagaimana Cara Install Lighttpd, PHP-5.6, MariaDB, PHPMyAdmin pada Ubuntu 14.04. Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan terkait artikel ini. Selamat mencoba dan selamat bereksperimen.

   

Leave a Comment

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz