4 Perbedaan 32 Bit dan 64 Bit pada Sistem Operasi Laptop


Perbedaan 32 Bit dan 64 Bit

Jika diperhatikan dengan lebih seksama, setiap sistem operasi ada yang menggunakan sistem 32 bit dan 64 bit. Tak sedikit orang menganggap kalau kedua basis sistem tersebut. Padahal perbedaan 32 bit dan 64 bit itu nyatanya cukup signifikan.



Setelah mengetahui perbedaannya, kamu mungkin menimbang-nimbang basis set  mana yang nantinya akan dipakai. Mengetahui sistem operasi juga akan membuat kamu tahu perbedaan aplikasi 32 bit dan 64 bit. Tanpa basa-basi lagi langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Maksimal RAM yang Digunakan

Kedua basis set tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok pada kapasitas maksimum RAM yang dapat digunakannya. Kapasitas RAM yang bisa digunakan oleh kedua basis set tersebut tentu saja sangat berbeda.



Untuk Windows 32 bit hanya bisa membaca kapasitas maksimum RAM dibawah 4 GB. Kira-kira RAM yang akan terbaca hanya sekitar 3,2 GB saja. Jadi percuma punya laptop dengan RAM besar tapi sistem operasinya masih berbasis 32 bit.

Lain halnya dengan Windows 64 bit yang bisa membaca kapasitas maksimal RAM lebih dari 4GB. Karena sistem ini memiliki arsitektur yang sangat berbeda dengan 2 bit.

Jika suatu saat kamu punya laptop dengan RAM tapi setelah dicek yang terdeteksi  cuma 3GB saja. Kemungkinan besar kamu menggunakan Windows yang berbasis 32 bit. Seharusnya kamu upgrade  memakai sistem 64 bit.

 

2. Performa Prosesor

Windows 32 bit dan 64 bit perbedaannya sangat mencolok pada performa prosesornya. Dilihat dari arsitekturnya, sudah jelas kalau prosesor dengan sistem 64 bit menang telak dari 32 bit.

Untuk penggunaannya, Windows 32 bit cuma bisa mengerjakan hal-hal yang sifatnya ringan saja. Karena jika dipakai untuk mengerjakan berbagai perangkat lunak yang sangat berat rasanya kurang optimal.



Coba saja kamu pakai aplikasi editing  seperti Adobe Photoshop atau After Effects. Kemungkinan akan berat meskipun menggunakan software  versi lawas. Tapi jika untuk menjalankan aplikasi berbasis 16 masih tetap masih bisa bekerja.

Jika memang kamu ingin mengerjakan berbagai tugas berat, misalnya bermain game  dan editing  video, sebaiknya gunakan versi 64 bit. Tapi juga harus didukung oleh teknologi yang mumpuni supaya lebih maksimal.

Baca Juga : Mana yang Lebih Kuat Antara AMD vs Intel?

 

3. Kemampuannya dalam Mengelola Data

Pengertian 32 bit dan 64 bit sangat terlihat dari proses pengolahan datanya. Bilangan angka 32 dan 64 menunjukan besarnya data yang dapat diolah oleh prosesor untuk satu frekuensi atau satu putaran.

Pada sistem operasi 32 bit berarti bisa mengolah data sebesar 32 saja dalam 1 kali putaran. Berbeda dengan sistem 64 bit yang bisa berputar hingga 64 bit dalam satu putaran.

Oleh sebab itulah kenapa Windows yang memakai sistem 64 bit bisa bekerja dengan lebih cepat. Dengan begitu untuk melakukan instalasi aplikasi-aplikasi berat juga akan berjalan lebih optimal dibandingkan dengan Windows 32 bit.

 

4. Kompatibilitas Software

Sistem operasi 32 bit tidak bisa melakukan instalasi software dengan arsitektur 64 bit. Jadi kamu harus menggunakan software dengan 32 bit juga supaya bisa diinstal di laptop.

Sementara untuk Windows 64 bisa melakukan pemasangan software dengan arsitektur dibawahnya yaitu 32 bit. Tapi akan lebih baik lagi juga menggunakan software berbasis 64 bit supaya lebih sesuai.

Cara mengetahui Windows 32-bit dan 64-bit dapat dilihat pada drive  C tempat instalasi berbagai software .

Kalau kalian perhatikan di drive tersebut, pada Windows 32 biasanya hanya akan terdapat satu folder Program File  saja. Nantinya folder ini hanya bisa menampung aplikasi dengan sistem 32 bit saja.

Berbeda dengan Windows 64 bit yang nantinya akan terdapat 2 folder Program Files yaitu Program File saja dan Program File (x86). Folder Program File akan digunakan untuk menampung aplikasi berbasis 64 bit. Sementara aplikasi berbasis 64 bit akan tersimpan di Folder Program File (x86).

Dari uraian di atas, Windows 64 bit bisa dikatakan jauh lebih unggul dibandingkan dengan Windows 32 bit. Tapi Windows 32 bit sebenarnya juga sangat bagus jika untuk menggunakan software 32 bit ke bawah.



Demikianlah penjelasan tentang perbedaan 32 bit dan 64 bit. Perbedaan tersebut tidak hanya berlaku untuk sistem operasi Windows saja, tapi juga untuk sistem operasi lainnya. Kedua istilah tersebut juga akan ada pada perangkat lainnya.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x