Digital Ocean • Fast and Secure VPSCloud Computing Platform of Virtual Servers (Droplets), Object Storage (Spaces) and More



Tutorial Cara Install MikroTik di VirtualBox


Cara Install MikroTik di VirtualBoxTutorial Cara Install MikroTik di VirtualBox – Router MikroTik tidak hanya berbentuk sebuah hardware atau yang dikenal dengan RouterBoard, dan juga tidak hanya bisa diinstall ke sebuah PC, melainkan juga bisa diinstall ke sebuah mesin virtual yang salah satunya adalah berbasis VirtualBox. VirtualBox merupakan salah satu software Virtualisasi yang tersedia untuk jalan di Windows ataupun Linux dan dikembangkan oleh Oracle dan bersifat Free atau Gratis.

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara menginstall MikroTik ke sebuah mesin virtual di VirtualBox yang nantinya bisa digunakan sebagai media untuk mempelajari MikroTik. Bahkan MikroTik Virtual ini juga bisa anda gunakan untuk memanajemen jaringan anda seperti, Manajemen Firewall, Manajemen Bandwidth, Routing, Load Balancing dan lain-lain.




Disini saya asumsikan bahwa software VirtualBox sudah terinstall di komputer anda, berikut langkah-langkah menginstall MikroTik di VirtualBox :

Baca Juga :

Pengertian Prerouting Postrouting Forward di MikroTik

  • Silahkan jalankan software VirtualBox yang sudah terinstall sebelumnya dan buat sebuah mesin virtual baru (new) dengan NAMA : MikroTik, TIPE: LINUX, VERSI : OTHER LINUX (sesuaikan dengan OS anda apakah 32bit atau 64bit), perhatikan gambar berikut :
    mikrotik vbox1
  • Selanjutnya anda klik “Next/Lanjut”, anda akan dibawa ke tampilan untuk menentukan jumlah alokasi memori yang akan diberikan untuk MikroTik Virtual anda, untuk bahan latihan cukup dengan nilai 64MB dan klik lagi tombol Next/Lanjut
  • Pada tampilan selanjutnya anda akan dibawa ke tampilan untuk membuat hardisk virtual, pada tampilan ini anda tidak perlu merubah jenis pilihan, cukup klik tombol Create/Buat
  • Selanjutnya anda akan disuruh untuk menentukan jenis atau tipe hardisk virtual yang akan digunakan untuk MikroTik Virtual, jika anda tidak berencana untuk menjalankan MikroTik Virtual ini pada software Virtualisasi VMWare, cukup biarkan default (Tipe VDI). Disini saya menggunakan tipe VMDK, silahkan anda ikuti seperti gambar berikut :
    mikrotik vbox4
  • Setelah anda tentukan jenis hardisk virtual yang akan digunakan, klik tombol Next/Lanjut dan akan ada tampilan yang ada pilihan untuk menentukan tipe ukuran hardisk, apakah bersifat dinamis atau ukuran tetap, anda tidak perlu merubah bagian ini, biarkan default dan klik tombol Next/Lanjut
  • Pada tampilan selanjutnya anda akan disuruh menentukan berapa ukuran hardisk virtual, silahkan beri nilai misal 512,00 MB. Ini sudah ukuran yang cukup besar untuk menginstall MikroTik, selanjutnya klik tombol Create/Buat. Perhatikan gambar berikut :
    mikrotik vbox6
  • Setelah selesai proses atau langkah-langkah pembuatan mesin virtual untuk MikroTik Virtual, selanjutnya kita akan melakukan sedikit konfigurasi atau settingan untuk mesin MikroTik Virtualnya, klik kanan list MikroTik Virtual yang sudah anda buat di VirtualBox Manajer lalu klik Setting/Pengaturan
  • Selanjutnya pilih menu System/Sistem dan pada bagian Boot Order/Urutan Boot anda rubah menjadi seperti gambar berikut ini, untuk menggeser urutan silahkan gunakan tombol panah atas atau panah yang ada disamping kanan list Boot Order/Urutan Boot :
    mikrotik vbox set boot order
  • Setelah selesai di menu System/Sistem, silahkan masuk ke menu Audio/Suara, dan unceklist atau di disable-kan
  • Selanjutnya masuk ke menu Network/jaringan, pastikan “Enable Network Adapter/Fungsikan Adapter Jaringan” terceklist. Dan bagian “Attact to/Terpasang Pada” pilih “Bridged Adapter/Adapter Ter-Bridge” agar bisa berkomunikasi dengan jaringan luar atau jaringan nyata, lakukan langkah-langkah pada point ini untuk Adapter-2 sampai dengan Adapter-4 jika anda membutuhkan 4 buah Lan Virtual di MikroTik Virtual anda, saya asumsikan semua adapter digunakan. Perhatikan gambar berikut :
    mikrotik vbox8
  • Selesai dibagian Network/Jaringan, silahkan masuk ke menu Storage/Penyimpanan, dan arahkan ke ISO MikroTik yang akan anda gunakan. Untuk ISO MikroTik-nya (MikroTik-5.20) bisa anda download dengan mengcopy paste url ini : https://drive.google.com/open?id=0B0w-53eLBd00VVdVbk9FVmZRZEk Perhatikan gambar berikut :
    mikrotik vbox9
  • Setelah selesai dibagian langkah diatas, silahkan klik OK dan silahkan anda jalankan MikroTik Virtual anda. Jika Konfigurasi Boot Order/Urutan Boot anda sudah benar maka anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut :
    mikrotik vbox10
  • Pada bagian ini silahkan anda tentukan fitur-fitur yang akan diinstall ke MikroTik Virtual anda, jika anda merasa ragu silahkan ikuti seperti gambar diatas dan silahkan tekan huruf “i” pada keyboard untuk mulai menginstall. Anda akan ditanya “Do you want to keep old configuration ?” , silahkan anda tekan huruf “n” pada keyboard
  • Jika proses instalasi MikroTik Virtual berjalan lancar, anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini dan tekan ENTER untuk reboot :
    mikrotik vbox11
  • Selanjutnya jika konfigurasi Boot Order/Urutan Boot yang anda konfigurasikan sudah benar, setelah proses REBOOT anda akan melihat tampilan login ke sistem MikroTik Virtual yang sudah anda install, seperti gambar berikut :
    mikrotik vbox12
  • Setelah selesai sampai bagian ini, berarti anda sudah sukses menginstall MikroTik Virtual di VirtualBox. Selanjutnya tinggal dikonfigurasikan agar bisa saling terhubung ke jaringan nyata.

Baca Juga :

Membagi Bandwidth Warnet Dengan Queue Simple

Untuk mengkonfigurasi MikroTik Virtual anda, anda bisa menggunakan Tool WinBox, yaitu sebuah tool untuk mengkonfigurasikan MikroTik barbasis GUI (Graphical User Interface) yang bisa anda download dengan mengakses url : Download WinBox dari Situs MikroTik Indonesia

Silahkan anda jalan WinBox yang sudah di download dan klik tombol “Scan”, jika MikroTik Virtual anda berjalan normal anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut :

WinBox

Klik salah satu mac address yang tampil dihasil Scan WinBox, default username/login : admin , default password : kosongkan. Berikut contoh gambar tampilan setelah masuk ke MikroTik menggunakan WinBox :

MikroTik WinBox

Demikianlah artikel mengenai Tutorial Cara Install MikroTik di VirtualBox yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yang masih belum mengetahui.



Jika ada keraguan atau kendala silahkan anda tinggalkan komentar dan secepatnya akan saya tanggapi. Kunjungi terus TopSETTING.COM untuk mendapatkan artikel menarik dan tutorial bermanfaat lainnya.

   

Leave a Comment

5 Comments on "Tutorial Cara Install MikroTik di VirtualBox"

Notify of
avatar
Sort By:   Newest | Oldest | Most Voted
rudi
Guest
rudi

sangat membantu buat saya kaka… kasih dong tutor yang lengkap

wpDiscuz