Cara Disavow Backlink dan Fungsinya Pada Website


cara disavow backlink

Backlink adalah faktor penting untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Namun, alih-alih mendapat hasil positif, jika salah menerapkannya, justru malah dapat dinilai negatif. Itulah kenapa, kamu harus mengetahui cara disavow backlink agar terhindar dari SEO negatif.



Saat ini, ada dua jenis kualitas backlink, yaitu high quality backlink (kualitas tinggi/baik), dan backlink spam (kualitas rendah). Backlink dengan kualitas rendah, akan berpengaruh buruk pada website. Itulah kenapa, kamu harus memahami disavow backlink untuk mencegahnya.

 

Fungsi dan Pengertian

Disavow merupakan tool dari Google. Tool tersebut bernama Google Disavow Backlink. Fungsinya sendiri yaitu untuk menolak link yang mengarah pada situs tertentu. Atau, dalam kasus ini, bisa saja link yang mengarah ke situs milik kamu.

Seperti yang dijelaskan di atas, backlink memiliki dua jenis kualitas. Ada kualitas yang bagus dan ada kualitas yang rendah. Nah, link disavow, adalah tool yang bisa kamu manfaatkan untuk menolak link dengan kualitas rendah.

Link dengan kualitas bagus akan membuat suatu website berpotensi berada di halaman pertama Google. Namun sebaliknya, backlink berkualitas rendah akan membuat website justru malah turun peringkat.

Sederhananya, tool tersebut bisa digunakan sebagai cara menghapus backlink spam. Pasalnya, jenis link tersebut, akan berpengaruh buruk pada website.

Baca Juga : Inilah Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

 

Seberapa Penting Disavow Backlink?

Backlink atau tautan balik, ternyata sering digunakan untuk hal yang negatif. Contoh kasusnya seperti serangan SEO negatif yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Serangan tersebut dilakukan menggunakan ratusan bahkan hingga ribuan tautan balik berkualitas rendah. Tujuannya agar suatu website terkena penalti dari Google.

Di lain sisi, bagi orang yang baru paham SEO, mungkin masih banyak yang belum tahu kriteria tautan balik berkualitas. Sehingga kebanyakan dari mereka asal menggunakannya.

Hal semacam itu bisa berdampak buruk. Pasalnya, sumber tautan balik yang digunakan mungkin saja memiliki kualitas buruk.

Untuk mencegah hal-hal tersebut, di sinilah fitur remove backlink dari disavow sangat dibutuhkan.



 

Kapan Harus Menggunakan Tool Disavow Link?

Ada indikasi-indikasi tertentu kapan tepatnya kamu harus menggunakan tool ini. Salah satunya yaitu pada saat website mengalami penurunan peringkat di mesin pencari secara tiba-tiba.

Mulailah melakukan pelacakan faktor-faktor penyebab website mengalami penurunan peringkat secara tidak wajar. Namun, pada dasarnya, hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan penurunan peringkat di Google di antaranya seperti:

  • Adanya update algoritma baru dari Google.
  • Server tengah mengalami penurunan atau down.
  • Serangan hacker.
  • Kalah oleh pesaing yang mengoptimasi situsnya jauh lebih baik dari milikmu.
  • Serangan backlink spam.

Nah, jika penyebabnya karena poin terakhir, atau backlink spam, maka segeralah gunakan tool disavow.

Baca Juga : Cara Cepat Mendapatkan Backlink Berkualitas

 

Cara Disavow Tautan Balik

Sebelum melakukan disavow, pertama-tama kamu harus mengakses Google Search Console terlebih dahulu. Selain untuk menghapus, juga untuk mencari tautan balik dengan kualitas yang rendah.

Silahkan kamu sortir dulu, mana tautan balik yang bagus dan yang buruk. Kumpulkan tautan balik yang buruk untuk nantinya kamu disavow.

Setelah itu, masukkan daftar link spam ke dalam notepad dengan format “.txt”. Contoh format penulisannya bisa kamu lihat melalui gambar di bawah ini:

masukkan daftar link spam ke dalam notepad

Kemudian silahkan kamu masuk ke fitur Disavow Links pada Google Console. Setelah itu, upload daftar tautan balik berkualitas rendah yang sudah kamu buat sebelumnya.

Proses disavow ini tidak serta merta langsung berefek pada website. Kamu harus menunggu kurang lebih satu minggu untuk diproses.

 

Manfaat Disavow Untuk Website

Selain menghalau tautan balik berkualitas rendah, disavow juga ternyata memiliki manfaat lainnya. Adapun manfaat-manfaatnya yakni:

  • Mencegah penilaian negatif dari mesin pencari. Dengan begitu, tidak sulit suatu website untuk menempati halaman pertama.
  • Disavow dapat mengembalikan kepercayaan mesin pencari terhadap suatu website.
  • Berfungsi untuk mengoptimalkan SEO, di mana hanya terdapat tautan balik berkualitas tinggi pada suatu website.
  • Bermanfaat untuk mengetahui adanya suatu tautan balik negatif pada suatu website.
  • Mencegah dan menjadi solusi tepat untuk website yang mendapatkan serangan SEO negatif dari backlink.


Nah, itulah langkah-langkah cara disavow backlink yang bisa coba kamu implementasikan. Cek tautan balik pada website kamu. Perhatikan apakah ada backlink spam atau tidak? Jika terbukti ada, segera halau menggunakan teknik di atas agar mendapatkan penilaian positif dari Google.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x