Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow Dalam SEO


Backlink merupakan salah satu teknik SEO yang masih populer. Teknik ini terbagi ke dalam dua bagian, yaitu dofollow dan nofollow. Nah, di sini kami akan coba jelaskan keduanya, dan perbedaan backlink dofollow dan nofollow.

Backlink merupakan teknik yang masuk ke dalam kategori off page SEO. Jika kamu sedang mendalami search engine optimization (SEO), maka wajib untuk mengetahuinya. Tujuannya agar website yang kamu optimasi berada pada halaman pertama Google.



 

Penjelasan Singkat Tentang Fungsi Backlink

Teknik ini menjadi salah satu kunci sukses dari bisnis online. Pasalnya, teknik tersebut mampu meningkatkan pengunjung dan konversi pada website yang digunakan untuk bisnis.

Sederhananya, backlink merupakan link situs yang ditautkan di situs lain. Contohnya, link website milik kamu, ditaruh pada artikel yang di-post di website lain.



Link tersebut, mengarah ke website milikmu sehingga Google akan menilai website milikmu menjadi rujukan atau referensi bagi situs lain. Dengan begitu, Google akan menilai situs milikmu layak masuk di halaman pertama pencarian.

Namun, link yang ditautkan tidak boleh sembarangan. Pasalnya, ada kriteria khusus, di mana link harus ditautkan pada website-website yang terpercaya. Pasalnya, Google hanya akan menilai tautan balik dengan kualitas yang baik.

Di lain sisi, tautan balik juga harus divariasikan sumbernya. Karena, 100 backlink dari 50 sumber berbeda jauh lebih baik dibandingkan 1000 tautan balik dari 10 sumber saja.

Sederhananya, tautan balik tidak hanya sekedar link yang dipasang pada postingan website. Tautan balik juga harus memiliki nilai di mata Google.

Tautan balik tanpa nilai, atau berkualitas rendah, tidak akan berdampak positif di mata mesin pencari.

 

Apa Itu Dofollow dan Nofollow?

Perbedaan backlink dofollow dan nofollow

Sebelum menjelaskan perbedaannya, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan kedua teknik tersebut. Tujuannya agar mudah memahami perbedaan keduanya.



Asal kata dofollow, adalah do follow, yang artinya mengikuti. Contohnya, jika situs milikmu, menautkan link milik situs orang lain pada postingan, maka itu bisa dikatakan jenis dofollow.

Sedangkan link nofollow adalah kebalikan dari dofollow. Contohnya, link yang kamu cantumkan di postingan, tidak akan bisa dirayap oleh mesin pencari.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi

 

Perbedaan Dofollow dan Nofollow

Dari penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan antara perbedaan keduanya. Salah satunya dari nilai yang diberikan oleh kedua teknik SEO tersebut.

Mesin pencari akan membaca backlink yang kamu optimasi. Link kemudian akan diperiksa dan dianalisa jenisnya. Mesin pencari akan mudah mengenali apakah backlink yang digunakan dofollow atau nofollow.

Link dofollow memiliki nilai di mesin pencari. Link tersebut akan dihitung serta diakumulasi dengan link dofollow lainnya. Dengan begitu, link yang menjadi rujukan, berpotensi berada di halaman utama mesin pencari.

Namun, jika backlink tersebut  nofollow, maka mesin pencari tidak mencatatnya sebagai poin. Meski tidak bernilai apa-apa, jenis link ini masih tetap bagus untuk meningkatkan pengunjung suatu halaman website.

 

Manfaat Dofollow dan Nofollow

Kedua teknik tersebut memiliki manfaat yang berbeda. Nah, berikut akan kami coba bahas kedua manfaatnya:

1. Manfaat Dofollow

Dari kelebihannya, kita bisa menilai langsung bahwa teknik dofollow ini bagus untuk SEO. Dofollow bisa membuat link yang ditautkan menjadi sebuah backlink.

Teknik ini bagus sekali untuk meningkatkan peringkat situs pada mesin pencari. Dengan begitu, page rank suatu website pun akan naik seiring dengan peningkatan pengunjung dari mesin pencari.

2. Manfaat Nofollow

Meski teknik ini tidak bernilai di mesin pencari, namun tetap memiliki manfaat. Nofollow bisa dimanfaatkan untuk menjaga kualitas SEO pada mesin pencari. Selain itu, teknik ini juga bagus untuk meminimalisir spam komentar.

Nofollow juga bisa dimanfaatkan oleh suatu website agar link menjadi stabil. Dengan begitu, Google nantinya dapat dengan mudah mengikutinya.

Baca Juga : Cara Agar Blog Terindex Google dengan Cepat

 

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita bisa simpulkan, bahwa dofollow adalah link yang bernilai backlink di Google. Sementarai itu, nofollow tidak memiliki nilai sama sekali di mata Google. Meski begitu, keduanya masih memiliki manfaat yang baik untuk sebuah website.



Bagaimana, perbedaan backlink dofollow dan nofollow yang dijelaskan di atas cukup sederhana, bukan? Dari penjelasan tersebut, sedikit banyaknya kini kamu tahu jenis backlink mana yang paling berpengaruh di mata Google.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x