Cara Melihat Keyword yang Banyak Dicari di Google


cara melihat keyword yang banyak dicari

Dalam dunia SEO (Search Engine Optimization), riset keyword adalah langkah paling penting. Pasalnya, dengan keyword yang tepat, kamu bisa membuat artikel yang banyak dicari. Itulah kenapa, kamu wajib tahu cara melihat keyword yang banyak dicari di Google.



Pada dasarnya ada banyak cara mengetahui kata kunci yang sering dicari di Google. Nah, di sini akan kami coba bagikan cara termudah dan gratis. Tujuannya agar bisa juga dilakukan oleh para pemula. Meski mudah dan gratis, tetapi dijamin powerful.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencari Keyword

Saat memulai pencarian akan ada banyak sekali hal-hal yang mungkin baru kamu kenal. Sebelum memulainya alangkah baiknya kamu mengenal terlebih dahulu beberapa hal penting tersebut agar pencarian lebih optimal.



Salah satunya seperti memperhatikan keyword dengan volume yang tinggi. Karena, volume ini menjadi suatu tolok ukur seberapa banyak kata tersebut dicari di Google.

Selain itu, jangan hanya memilih volume yang bagus saja. Perhatikan juga tingkat kesulitan dalam persaingannya. Biasanya, tingkat kesulitan ini ditunjukan melalui informasi keyword difficulty.

Baca Juga : Cara Disavow Backlink Buruk

 

Cara Mencari Keyword Menggunakan Ubersuggest

Kamu tidak perlu keluar banyak biaya untuk mengoptimalkan SEO. Manfaatkan Ubersuggest sebagai tool gratisan untuk mencari keyword yang banyak dicari.

Tool riset keyword ini sangat mudah digunakan. Selain digunakan oleh pemula, juga sering dimanfaatkan juga oleh para profesional karena fiturnya yang lengkap.

Hasil pencariannya pun terbilang sangat detail. Kamu bisa melihat mana yang layak untuk digunakan, dan mana yang tidak. Pasalnya, terdapat informasi volume pencarian untuk kurun waktu tertentu.

Berikut contoh hasil yang telah coba kami cari dengan kata kunci “cara menjadi youtuber”.  Kamu bisa melihat hasil saran kata kunci, lengkap dengan volume pencariannya.

Cara Mencari Keyword Menggunakan Ubersuggest

Hasil Mencari Keyword Menggunakan Ubersuggest

Semakin tinggi volume kata kunci, semakin banyak orang mencarinya. Namun, semakin tinggi juga volume-nya, tentu persaingannya akan semakin ketat. Kamu harus pandai menilai dalam memilih agar mendapatkan hasil optimal.

 

Google Suggest Untuk Pencarian Keyword

Di kalangan blogger, cara ini sudah umum digunakan. Selain mudah, juga tidak perlu mengeluarkan biaya.

Untuk memulainya, silahkan kamu akses Google terlebih dahulu. Setelah itu, silahkan kamu masukkan kata kunci tertentu di Google. Contohnya seperti gambar di bawah untuk hasil pencarian “sepatu branded”.



Google Suggest Untuk Pencarian Keyword - Cara melihat keyword yang banyak dicari

Di atas kami mencoba pencarian dengan kata kunci “sepatu branded”.  Maka akan muncul banyak pilihan di bawahnya. Nah, pilihan-pilihan paling bawah, bisa kamu gunakan untuk saran keyword utama maupun long tail keyword.

Silahkan mulai dengan mengetikkan keyword yang ingin kamu gunakan. Lihat hasilnya di bagian bawah sebagai rekomendasi untuk kamu gunakan.

Baca Juga : Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

 

Cara Mencari Keyword Menggunakan Google Trends

Sebenarnya Google sudah menyediakan tool untuk membantu melakukan riset kata kunci. Salah satunya yaitu Google Trends yang bisa digunakan secara gratis.

Sama seperti Ubersuggest, di sini kamu bisa mencari kata kunci secara spesifik di wilayah tertentu. Berikut contoh hasil dari kata kunci “sepatu branded” melalui Google Trend.

Cara Mencari Keyword Menggunakan Google Trends

Kamu bisa melihat grafik pergerakan kata kunci dari bulan ke bulan, atau tahun ke tahun. Bahkan, tool dari Google ini,  menyediakan fitur informasi naik turun grafik mulai dari satu jam terakhir hingga lima tahun terakhir.

 

Riset Kata Kunci Gratis Melalui Keywordtool.io

Keyword Tool juga menjadi salah satu alat terbaik untuk mencari kata kunci. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengakses website www.keywordtool.io.

Cara penggunaannya sama dengan Ubersuggest maupun Google Trends. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci tertentu pada tab pencarian yang sudah disediakan.

Berikut contoh gambar yang sudah kami coba dengan pencarian kata kunci “sepatu branded”. Kamu bisa melihat ada banyak saran kata kunci yang bisa kamu gunakan pada bagian bawah hasil pencarian.

Riset Kata Kunci Gratis Melalui Keywordtool - Cara melihat keyword yang banyak dicari

Tool ini sepenuhnya gratis. Namun, jika kamu ingin mendapatkan informasi yang detail, kamu harus membayarnya. Informasi tambahan untuk akun berbayar di antaranya seperti:

  • Detail search volume yang akurat
  • Tingkat keyword competition
  • Trend
  • CPC (Cost per Click)

Informasi di atas dapat membantu kamu untuk menentukan kata kunci terbaik. Kendati demikian, kamu masih bisa menggunakannya secara gratis jika hanya ingin mencari saran kata kunci saja.



Cara melihat keyword yang banyak dicari di atas, bermanfaat untuk mengoptimalkan SEO pada website. Dengan kata kunci yang tepat, maka tidak sulit untuk mendapatkan traffic yang bagus untuk website yang kamu kembangkan. Selamat mencoba.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x