Digital Ocean • Fast and Secure VPSCloud Computing Platform of Virtual Servers (Droplets), Object Storage (Spaces) and More



Pengertian dan Fungsi Samba Server


Pengertian dan Fungsi Samba ServerPengertian dan Fungsi Samba Server – Apakah anda pernah mendengar istilah Samba Server atau apa fungsi Samba Server ? Pada artikel kali saya akan berbagi teori singkat mengenai Pengertian dan Fungsi Samba Server. Kutipan sederhana dari situs Wikipedia : Samba adalah program yang bersifat open source yang menyediakan layanan berbagi berkas (file service) dan berbagi alat pencetak (print service), resolusi nama NetBIOS, dan pengumuman layanan (NetBIOS service announcement/browsing). Sebagai sebuah aplikasi file server, Samba mengizinkan berkas, alat pencetak, dan beberapa sumber daya lainnya agar dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam keluarga sistem operasi UNIX, dan mengizinkan interoperabilitas dengan sistem operasi Windows

Dalam hal untuk proses berbagi data atau penggunaan layanan data secara bersama-sama, kita tidak hanya terbatas bisa menggunakan protokol FTP (File Transfer Protokol) yang sudah pernah saya bahas sebelumnya pada artikel Cara Membuat FTP Server Pada Debian 8. Tapi kita juga bisa mengandalkan sebuah program yang berjalan di sistem operasi keluarga UNIX, yang biasa disebut SAMBA.




Tentunya sebagian dari anda sudah banyak yang memanfaatkan fitur sharing data atau printer pada sistem operasi microsoft windows dengan tujuan mengakses data atau printer tersebut secara bersama-sama dengan beberapa alasan. Sekarang bagaimana jika kita ingin membuat sebuah server sharing data dengan sistem operasi yang berbasis keluarga UNIX ? Dalam kondisi ini kita bisa memanfaatkan protokol yang dimiliki oleh samba server yang bisa berjalan pada sistem operasi keluarga UNIX

 

Pengertian SAMBA SERVER

Samba adalah sebuah sebuah program dengan protokol client server menjembatani proses penyediaan layanan untuk berbagi data atau dokumen antara sistem operasi keluarga UNIX dengan sistem operasi microsoft windows, serta memungkinkan kita untuk bisa menggunakan resource yang didukung secara bersama-sama dalam suatu jaringan.

Aplikasi Samba Server ini berjalan dibawah platform sistem operasi keluarga UNIX dengan menggunakan protokol SMB atau Service Message Block yang mana protokol ini juga digunakan oleh sistem operasi microsoft windows yang juga memiliki fungsi sebagai jaringan client server dalam proses penggunaan data beserta resource yang ingin difungsikan secara bersama-sama.

Baca Juga :

Konfigurasi Samba Server Pada Debian [100% Work]

Fungsi SAMBA SERVER

Dari pengertian diatas bisa kita ambil sedikit kesimpulan bahwa Samba Server berfungsi sebagai jembatan dalam proses berbagi data atau resource dengan host lain yang berada dalam suatu jaringan.

  • Samba Server berfungsi sebagai penghubung antara sistem operasi keluarga UNIX dengan sistem operasi microsoft windows dalam menjembatani sharing file atau berbagi dokumen, sharing printer serta device lainnya yang mendukung.
  • Samba Server juga bisa berfungsi sebagai PDC atau Primary Domain Controller yang bertujuan untuk melakukan validasi kepada setiap client yang tergabung dalam satu domain, sederhana-nya user yang memiliki izin untuk mengakses resource yang disediakan hanya user yang sudah terdaftar di di suatu domain yang ditentukan saja

Kelebihan PROGRAM SAMBA

  • Bersifat Free atau Gratis
  • Mudah dikonfigurasikan dan mudah digunakan
  • Performa yang bagus dalam hal berbagi resource
  • Jarang mengalami kendala
  • Support di berbagai sistem operasi keluarga UNIX


Demikianlah sedikit penjelasan Pengertian dan Fungsi Samba Server yang saya rangkum dari berbagai sumber, semoga artikel ini bisa memberi manfaat dan menambah pengetahuan baru untuk kita semua.

   

Leave a Comment

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz