Penyebab HP Tiba-Tiba Mati dan Cara Mengatasinya


HP tiba-tiba mati

Ada cukup banyak penyebab HP tiba-tiba mati. Mulai dari karena kerusakan software, maupun hardware yang ada di dalamnya. Hal ini sering terjadi, bahkan ketika sedang digunakan untuk bermain game, streaming, dan lainnya.



Nah! Kami akan coba jelaskan apa saja penyebab-penyebabnya. Lengkap dengan penjelasan cara mengatasinya agar HP kembali normal. Silahkan simak penjelasannya hingga selesai, ya.

 

Penyebab HP Mati Karena Reset Sendiri

Sistem HP biasanya akan mati dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan sistemnya melakukan reset sendiri. Penyebabnya karena HP terlalu lama digunakan.



Kondisi ini bisa dikatakan sebagai suatu yang normal. Fungsi dari reset sendiri tersebut, yaitu untuk memuat ulang memori.

Pada dasarnya tidak ada cara mengatasi HP mati hidup sendiri yang satu ini, karena merupakan kondisi normal. Namun, kamu dapat mencegahnya, yaitu dengan melakukan restart jika HP digunakan dalam waktu yang lama.

 

HP Crash dan Mati Tiba-Tiba

Penyebab crash yang mengakibatkan handphone mati biasanya karena aplikasi. Pada beberapa kasus, crash akibat aplikasi, tidak akan membuat handphone tersebut mati. Namun, jika masalahnya cukup berat, handphone akan tiba-tiba macet, lag, lalu mati.

Ada cukup banyak penyebab dari kondisi ini. Adapun penyebab-penyebab dan cara mengatasinya telah kami rangkum berikut:

  • Banyak aplikasi yang bekerja di belakang layar sehingga kinerja RAM menjadi berat. Silahkan tutup aplikasi di belakang layar yang sudah tidak digunakan.
  • Crash juga bisa terjadi akibat cache memori yang jarang dibersihkan. Sehingga file sampah semakin menumpuk dan membuat kinerja smartphone menjadi lelet. Silahkan bersihkan semua cache agar kinerjanya kembali normal.
  • Dalam kasus tertentu, crash akan sulit diatasi. Jalan terakhir satu-satunya adalah dengan install ulang HP agar berjalan normal kembali.
  • Sistem Android yang belum di-update, juga dapat menyebabkan crash. Silahkan cek apakah ada pemberitahuan update atau tidak? Jika ada, silahkan update untuk pencegahan.

Baca Juga : Cara Membuat Email Tanpa Nomor HP



HP Mati Karena Baterai yang Rusak

Penyebab HP mati total juga bisa dikarenakan hal-hal sepele. Salah satunya karena kualitas baterai yang sudah tidak bagus lagi. Baterai yang rusak akan membuat HP tiba-tiba mati meskipun ikon baterainya terlihat penuh.

Kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada? Kondisi ini bisa menjadi ciri-ciri baterai yang rusak. Pasalnya, baterai yang rusak tidak akan bertahan lama, atau mudah lowbat. Bahkan, HP sering mati tiba-tiba meskipun informasi daya masih penuh.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengganti baterai yang lama. Pasalnya, baterai yang rusak dan tidak layak pakai, sudah tidak bisa di-charge kembali. Seberapa sering pun kamu melakukan charge, daya tidak akan sepenuhnya terisi.

Sebagai tips tambahan, sebaiknya kamu cari dan pilih baterai original sesuai merk dan tipe HP. Tujuannya agar fungsinya optimal dan cocok dengan perangkat yang digunakan. Selain itu, baterai original memiliki daya tahan yang lebih lama.

 

Menjalankan Aplikasi Berat Terlalu Lama

Untuk yang suka bermain gim-gim berat di HP, setidaknya pasti pernah mengalami HP crash kemudian mati. Penyebabnya karena CPU ponsel bekerja terlalu lama dan terlalu keras.

Jika terlalu lama digunakan, smartphone pun akan tiba-tiba mati sendiri. Hal tersebut karena CPU sedang mengatur ulang sistemnya.

Pada kasus tertentu, CPU akan mengatur ulang ketika aplikasi mulai dibuka. Jika kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya uninstall aplikasi tersebut, kemudian restart HP. Lalu, coba lagi buka aplikasi tadi, apakah HP kamu mati kembali atau tidak? Jika mati, maka penyebabnya pada aplikasi tersebut.

Cara mengatasi permasalahan ini bisa dilakukan dengan cara sederhana. Silahkan  bekukan beberapa aplikasi. Lakukan satu per satu, kemudian periksa apakah masalahnya  sudah hilang atau belum.

Kamu juga bisa mencegahnya dengan cara tidak menggunakan aplikasi berat terlalu lama. Batasi penggunaan aplikasi yang menyebabkan crash pada smartphone. Tujuannya agar CPU tidak bekerja terlalu berat.

Kesimpulan

Ada banyak penyebab smartphone mati secara mendadak. Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, kamu bisa mencoba mengatasinya sendiri. Karena kondisi tersebut, tidak selamanya menyebabkan HP mati total dan tidak bisa digunakan kembali.



Untuk beberapa kasus, tidak sulit untuk mengetahui penyebab HP tiba-tiba mati. Karena hal tersebut umumnya terjadi akibat hal-hal yang sederhana. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu untuk menemukan penyebab dan solusi yang tepat.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x