Digital Ocean • Fast and Secure VPSCloud Computing Platform of Virtual Servers (Droplets), Object Storage (Spaces) and More



Cara Mendongkrak Performa Windows7


Tips Sederhana Optimasi Performa Windows7Cara Mendongkrak Performa Windows7 – Dibeberapa kondisi Windows7 akan terasa lambat dan kurang bagus performanya secara default pada beberapa tipe hardware, apalagi dengan kondisi spesifikasi komputer yang masih standar. Ini bisa disebabkan beberapa kondisi, beberapa contoh umum misalnya :

  1. Banyaknya program atau software yang terinstall
  2. Banyaknya program atau software yang aktif setiap kali windows7 dijalankan
  3. Banyaknya service-service yang tidak perlu aktif di backgroud, bisa jadi itu service bawaan windows7 sendiri ataupun bawaan program yang kita install
  4. Kesehatan hardisk yang mungkin sudah mulai memburuk
  5. Spesifikasi komputer yang digunakan tidak memenuhi syarat minimum untuk menjalankan windows7

Kali ini saya akan berbagi sedikit Tips Sederhana untuk Mendongkrak Performa Windows7 atau mengoptimasikan Performa Windows7 dari segi software atau perangkat lunaknya versi TopSetting.com, yaitu optimasi pada bagian sistem windows7 itu sendiri. Tips ini bukanlah hal baru dalam perihal optimasi windows7, sudah banyak juga dishare oleh blog-blog lain. Untuk optimasi windows7 dari segi sistem ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu :




Baca Juga :

Cara Sharing Folder Windows7 dengan Username dan Password

  1. Uninstall program-program yang dirasa tidak perlu dan jarang digunakan
  2. Kurangi atau non-aktifkan program-program startup yang dirasa tidak perlu, untuk hal ini tidak sama disemua komputer jadi diperlukan penyesuaian untuk kondisi masing-masing. Cara sederhananya silahkan klik tombol “start” dan ketik “msconfig” , selanjutnya masuk ke tab “startup” dan perhatikan penampakannya di komputer anda. Disini dituntut sedikit kejelian dan pengetahuan mengenai program-program yang kita install ke windows7 agar kita mengatahui apa saja program-program startup windows7 yang sebaiknya kita non-aktifkan. Berikut contoh gambar dari komputer saya :
    msconfig

    Silahkan anda kenali program-program startup di komputer anda dan anda sesuaikan dengan kebutuhan anda apa saja yang aman untuk di non-aktifkan.

  3. Kurangi atau non-aktifkan service startup bawaan program yang diinstall yang dirasa tidak perlu, ini tidak sama disemua komputer jadi diperlukan penyesuaian untuk kondisi masing-masing. Masih di “msconfig” , masuk ke tab “services” lalu ceklist “Hide All Microsoft Services” untuk menyembunyikan service-service bawaan windows7 dan perhatikan penampakannya di komputer anda. Berikut contoh gambar dari komputer saya :
    msconfig2

    Klik “OK” jika sudah selesai mendisablekan program-program startup dan service startup bawaan program yang dirasa tidak diperlukan.

  4. Kurangi program-program service yang aktif di backgroud setiap kali windows7 dijalankan, untuk melakukan ini silahkan anda klik lagi “start” dan ketik “services.msc”. Disini saya tidak akan menjelaskan masing-masing fungsi dari service-service yang akan di disablekan karena terlalu banyaknya service yang aman untuk di disablekan. Dibagian services.msc ini juga tidak sama pada setiap komputer, saya akan kasih sedikit gambaran apa saja yang aman untuk di non-aktifkan atau di disable-kan. Berikut ini contoh gambar yang saya ambil dari komputer saya :
    optimasi services.msc

    optimasi services.msc

    optimasi services.msc

  5. Optimasi di regedit atau registry windows7, pada bagian ini ada beberapa hal yang sebaiknya kita tambahkan di registry windows7. Silahkan anda klik lagi tombol “start” dan ketik “regedit” , di tampilan registry windows7 anda masuk ke :

    HKCU ( Hkey Current User ) --> Control Panel --> Desktop

    dan tambahkan beberapa string berikut dengan klik kanan pada folder Desktop di registry windows7, New --> String Value :

    • AutoEndTasks, value 1
    • HungAppTimeout, value 3000
    • LowLevelHooksTimeout, value 3000
    • WaitToKillAppTimeout, value 3000

     
    selanjutnya masuk ke HKLM ( Hkey Local Machine --> System --> ControlSet001 --> Control ) , lalu ubah value dari string WaitToKillServiceTimeout menjadi 3000 dan lakukan juga hal yang sama pada ControlSet002

Setelah selesai semua langkah-langkah diatas silahkan restart dulu komputer anda, tapi perlu anda ketahui crash yang terjadi ke windows7 anda yang disebabkan kesalahan anda sendiri bukan menjadi tanggung jawab saya. Saya sendiri sudah menggunakan trik sederhana ini selama bertahun-tahun.



Mudah-mudah artikel mengenai Cara Mendongkrak Performa Windows7 ini bisa bermanfaat bagi yang masih belum mengetahui. Silahkan tinggalkan komentar jika ada keraguan. Ikuti terus TopSETTING.COM untuk mendapatkan artikel-artikel dan tutorial-tutorial bermanfaat lainnya.

   

Leave a Comment

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz