6 Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Bagi Pemula


Tugas terberat bagi para blogger tidak hanya membuat konten yang menarik dan original. Blogger juga harus mengoptimasi blog untuk meningkatkan jumlah traffic. Ada beberapa cara agar blog banyak pengunjung. Nah, kami akan menjelaskan satu per satu di sini.

cara agar blog banyak pengunjung



Blog atau website kamu masih belum muncul di Google? Tenang, ada banyak metode cara agar blog muncul di Google yang akan kami bahas di sini. Silahkan simak penjelasannya sampai selesai.

 

1. Memiliki Domain dan Hosting Sendiri

Perlu kamu ketahui, blog berbayar jauh lebih eksklusif dibandingkan blog gratisan. Jika kamu serius ingin menjadi blogger, sebaiknya gunakan domain dan hosting sendiri.



Tidak perlu khawatir soal biaya. Karena, banyak pilihan paket yang tersedia. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikannya dengan budget yang kamu miliki.

Manfaat lain dari domain dan hosting sendiri yaitu, blog milikmu akan terlihat sebagai website terpercaya.

 

2. Optimasi SEO Untuk Kata Kunci

SEO (Search Engine Optimization) adalah optimasi wajib pada website atau blog. Tujuannya agar website mudah dirayap oleh mesin pencari. Selain itu, SEO juga bagus untuk meningkatkan trafik secara organik.

SEO sendiri memiliki beragam rangkaian optimasi. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah riset keyword atau kata kunci terlebih dahulu. Tujuannya agar konten yang kamu buat relevan dengan keyword yang banyak dicari.

Riset keyword kini bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Salah satunya bisa menggunakan tool Google Keyword Planner, dari Google.

Tool dari Google bisa dimanfaatkan untuk mencari keyword yang sering dicari, dengan rata-rata pencarian tertentu.

SEO bisa dikatakan teknik yang cukup luas dan mendalam. Untuk pemula, mulailah dari mencari keyword yang cocok. Selain itu, buatlah blog dengan satu niche saja.



Jangan lupa aplikasikan keyword pada artikel yang dibuat. Masukkan keyword pada judul, paragraf pertama, dan akhir paragraf. Pastikan juga penggunaannya tidak terlalu sering diulang.

Baca Juga : Cara Agar Blog Tidak di Copas

 

3. Buat Konten/Artikel yang Menarik dan Berkualitas

Artikel tidak hanya harus ramah SEO. Artikel atau konten juga harus menarik. Pastikan juga konten memuat informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Artikel yang bisa menjawab pertanyaan pembaca memiliki nilai tambah di mata Google.

Kualitas konten dilihat dari bobotnya. Semakin mendalam pembahasan yang ditulis, semakin bagus karena dapat memberikan solusi pada para pembaca.

Konten adalah raja pada suatu blog atau website. Semakin menarik dan berkualitas, semakin bagus di mesin pencari. Sehingga, website milikmu mudah ditemukan oleh pengguna search engine, seperti Google.

 

4. Share Konten di Media Sosial

Kamu bisa menggunakan Facebook untuk menarik pengunjung ke website milikmu. Caranya cukup mudah yaitu dengan share konten yang sudah kamu posting di blog.

Cobalah share konten di grup-grup khusus. Contohnya, jika blog kamu temanya tentang kucing, bisa share artikel tentang cara memandikan kucing di grup pecinta kucing. Dengan begitu, potensi kliknya semakin lebih tinggi.

Selain FB, kamu juga bisa menggunakan Twitter untuk membagikan konten. Namun, Twitter hanya cocok untuk blog atau website berita saja. Berbeda dengan FB yang bisa digunakan untuk berbagai tema.

Selain itu, kamu juga bisa membagikannya di beberapa medsos lainnya, seperti:

  • Instagram
  • LinkedIn
  • Google Plus
  • Tumblr

 

5. Gunakan Iklan Berbayar Untuk Meningkatkan Traffic

Jika memiliki budget lebih, kamu bisa menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan pengunjung. Ada cukup banyak jenis promosi berbayar untuk blog. Salah satu contohnya yaitu Google Adwords.

Iklan berbayar dapat meningkatkan trafik secara cepat dan aman. Cocok untuk blog atau website bisnis.

Baca Juga : Cara Agar Blog Muncul di SERP Google

 

6. Pilih Tema Blog yang Ringan

Tema memiliki peran yang penting. Meski terkesan sepele, tapi dapat berpengaruh besar. Pasalnya, banyak blog yang asal menggunakan tema. Tidak sedikit blog yang memilih tema yang terlalu berat.

Tema yang berat akan membuat blog sulit diakses karena waktu loading yang lama. Loading dapat menyebabkan pengunjung menutup kembali blog yang akan diaksesnya. Hal tersebut tentu akan berdampak buruk bagi website.

Tema yang ringan membuat pengunjung nyaman membaca artikel di blog yang kamu miliki. Alangkah baiknya memilih tema yang ramah SEO yang kini sudah cukup mudah didapatkan.



6 cara agar blog banyak pengunjung di atas bisa kamu implementasikan langsung untuk mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi. Bagaimana, cukup mudah bukan? Yuk, mulai optimasi blog kamu sekarang juga.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x