Mudah! Inilah Cara Agar Blog Tidak Bisa Di-Copy Paste


cara agar blog tidak bisa di-copy paste

Pada dasarnya, Google akan menghukum blogger yang mencuri tulisan dari blog lain. Kendati demikian, pada beberapa kasus, blog copy paste malah tumbuh subur. Namun, jangan khawatir. Pasalnya, ada cara agar blog tidak bisa di-copy paste oleh blogger lain.



Dalam dunia literasi, plagiat adalah tindakan yang tidak etis. Selain itu, plagiasi tulisan dapat merugikan orang lain. Untuk mencegahnya, di sini kami akan mencoba menjelaskan cara agar blog tidak bisa di-copy paste. Simak penjelasannya sampai selesai, ya!

 

Gunakan Plugin Untuk Melindungi Tulisanmu

Cara pertama dan paling mudah adalah dengan memanfaatkan plugin WordPress. Plugin yang umum digunakan adalah Copy Protection. Cara pemasangannya pun tidak ribet.



Cara agar blog WordPress tidak bisa di copy paste ini tergolong mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Cari dan Pilih Plugin

Silahkan login terlebih dahulu ke WordPress menggunakan akun milikmu. Kemudian, klik menu Plugins yang ada pada sidebar, lalu pilih “Add New”.

Untuk mencarinya, silahkan ketikkan “Copy Protection” pada tab pencarian. Kemudian tekan “Enter”, maka akan muncul beberapa pilihan plugin yang bisa kamu gunakan.

Silahkan kamu pilih plugin Copy Protection yang memiliki rating bagus. Lihat juga jumlah penggunanya, dan pastikan plugin sudah digunakan oleh banyak user. Pastikan juga plugin yang kamu pilih sering di-update oleh pengembangnya.

2. Pasang dan Aktifkan

Jika sudah memilih salah satu plugin, silahkan install kemudian aktifkan. Sama seperti memasang plugin lain di WordPress, kamu hanya perlu klik “Install Now” kemudian “Activate”.

Setelah diaktifkan, plugin sudah mulai berfungsi. Blog milikmu sudah tidak bisa di-copy paste lagi secara sembarangan.

Baca Juga : Begini Cara Agar Blog Muncul di Google



 

Gunakan CodingCopy Paste

Coding anti copy paste ini, hanya bisa diaplikasikan khusus untuk platform Blogger. Untuk kodingannya sendiri, kamu tidak perlu mengetiknya sendiri. Silahkan cari coding anti copy paste di Google.

Setelah coding berhasil didapatkan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk memasangnya:

  • Masuk ke dashboard, kemudian silahkan kamu pilih “Theme”.
  • Selanjutnya, kamu pilih menu “Edit HTML” untuk memasukkan kode yang sudah didapatkan.
  • Dalam menu “Edit HTML”, silahkan tekan CTRL+F kemudian kamu cari bagian <head>.
  • Masukkan kodingan anti copy paste tepat di bawah <head> kemudian save.

Nah, sekarang, blog pada platform Blogger milik kamu, sudah tidak  bisa lagi dicuri. Pasalnya, tombol copy paste pada keyboard pengunjung sudah tidak dapat berfungsi.

Kode Anti Copy Paste Untuk  WordPress

Selain untuk platform Blogger, ada juga kode yang bisa digunakan sebagai cara mematikan copy paste untuk WordPress. Untuk penggunaannya sendiri, silahkan kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Siapkan Kode Terlebih Dahulu

Pertama-tama, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu kodenya. Untuk kodenya sendiri, telah kami siapkan di bawah ini:

* {

  -webkit-touch-callout: none; /* iOS Safari */

  -webkit-user-select: none; /* Safari */

  -khtml-user-select: none; /* Konqueror HTML */

  -moz-user-select: none; /* Old versions of Firefox */

  -ms-user-select: none; /* Internet Explorer/Edge */

  user-select: none; /* Non-prefixed version, currently supported by Chrome, Opera and Firefox */

}

2. Salin Kode ke WordPress

Pada dashboard WordPress, silahkan kamu klik “Appearance”, kemudian pilih “Customize”. Kemudian, cari menu “Additional CSS” yang berada di bagian bawah. Setelah itu, salin kode di atas pada bagian box kosong yang sudah tersedia.

Setelah berhasil disalin semuanya, kemudian silahkan klik tombol “Publish”. Kini, tulisan milikmu tidak akan bisa disalin oleh pengunjung website.

Baca Juga : Cara Membuat Sitemap Otomatis

 

Keuntungan Menggunakan Anti Copy Paste 

Selain fungsi utamanya yang dapat melindungi tulisan di website atau di blog, ternyata ada manfaat lainnya, lho! Nah, berikut beberapa manfaat yang jarang diketahui dari anti copy paste:

  • Penghasilan di blog tetap optimal. Pasalnya, berbagai iklan yang dipasang tetap menghasilkan karena traffic blog kamu masih tetap ok.
  • Ranking blog milikmu tetap terjaga. Karena anti copy paste merupakan salah satu metode SEO agar tulisan kamu tidak dicuri pihak lain.
  • Pengunjung blog tetap terjaga. Pasalnya, konten pada website milik kamu tetap original.
  • Reputasi kamu sebagai penulis pun tetap terjaga.


Itulah beberapa cara agar blog tidak bisa di-copy paste. Silahkan kamu pilih sesuai dengan platform yang digunakan. Ikuti langkah-langkahnya agar website kamu terlindungi dari plagiat-plagiat yang berpotensi membahayakan keberadaan website milikmu.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x