Digital Ocean • Fast and Secure VPSCloud Computing Platform of Virtual Servers (Droplets), Object Storage (Spaces) and More



Cara Setting PHPMixBill Pada Web Hosting


Cara Setting PHPMixBill Pada Web HostingCara Setting PHPMixBill Pada Web Hosting – Pada artikel kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai Cara Setting PHPMixBill pada Web Hosting agar bisa terhubung ke router internal kita. PHPMixBill sendiri menggunakan port 8728 sebagai port default untuk terhubung ke router mikrotik, pada paket layanan web hosting standar port ini kemungkinan ditutup, dengan adanya hal ini maka PHPMixBill tidak akan bisa terhuhung ke router internal kita.

Tapi dengan sedikit modifikasi pada file phpmixbill/system/autoload/PEAR2/Net/Client.php dan phpmixbill/system/autoload/PEAR2/Net/Communicator.php yaitu dengan merubah port default PHPMixBill permasalahan diatas bisa diatasi asalkan router mikrotik anda bisa diakses dari internet atau dari jaringan publik, baik itu yang menggunakan ip publik statis ataupun yang menggunakan ip publik dinamis ( harus menggunakan DDNS ).




Bagi yang sudah melakukan proses install PHPMixBill pada web hosting silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini, bagi yang belum silahkan ikuti panduan pada artikel sebelumnya.

Baca Juga :

Cara Install PHPMixBill Pada Web Hosting

Langkah-langkah Cara Setting PHPMixBill Pada Web Hosting :

  • Login ke cPanel hosting anda dan buka File Manager
  • Lalu masuk ke root_folder_phpmixbill/system/autoload/PEAR2/Net/
  • Edit file Client.php , ubah $port = 8728 pada baris 132 menjadi $port = 443
  • Kemudian edit juga file Communicator.php, ubah $port = 8728 pada baris 115 menjadi $port = 443 dan ubah juga $port = $isUnencrypted ? 8728 pada baris 135 menjadi $port = $isUnencrypted ? 443
  • selanjutnya silahkan login ke admin dashboard PHPMixBill anda dan buka menu SETTING/PENGATURAN --> ROUTERS dan tambahkan router baru, perhatikan gambar berikut :

    add-router-phpmixbill

    • Nama Router / Router Name, isi dengan nama router anda, misal RB450G
    • IP / Hostname, isi dengan ip publik statis atau gunakan DDNS jika menggunakan ip publik dinamis, misal : myrouter.ddns.net
    • Username, isi dengan username router hotspot mikrotik anda
    • Password Router, isi dengan password router hotspot mikrotik anda
    • Domain Hotspot / Hotspot Domain, isi dengan domain hotspot anda tanpa menyertakan http://, misal : oasis-hotspot.net
  • Pastikan router mikrotik anda sudah bisa diakses dari internet atau dari jaringan publik dengan menggunakan ip publik statis atau menggunakan DDNS jika ip publik anda adalah ip publik dinamis. Jika konfigurasi PPPoE berada pada modem, silahkan aktifkan DMZ yang mengarah ke ip router mikrotik yang terhubung ke modem, jika PPPoE berada pada router mikrotik anda tidak perlu lagi mengaktifkan DMZ pada modem karena router mikrotik anda dapat diakses langsung menggunakan ip publik atau dengan menggunakan DDNS
  • Selanjutnya setting router anda, Jika router hotspot anda bertindak sebagai gateway utama pada topologi jaringan anda, silahkan diubah port api default (8728) menjadi port 443, atau pastekan perintah berikut pada terminal mikrotik : /ip service set port=443 [find name=api]
  • Jika router hotspot anda berada dibawah router gateway utama pada topologi jaringan anda, maka anda harus membuat sebuah rule forwarding nat pada router gateway, silahkan sesuaikan perintah berikut :

    • in-interface, interface yang mengarah ke internet
      Sesuaikan interfacenya dengan interface yang memiliki ip address publik atau DDNS yang diinput pada langkah penambahan router di PHPMixBill dan pastikan jalur routing sudah benar jika anda menggunakan 2 line internet atau lebih
    • to-addresses, ip router hotspot
    • to-ports, port api router hotspot
  • pastikan port 443 tidak terblokir oleh firewall router anda
  • Selanjutnya anda lakukan settingan pada PHPMixBill yang dimulai dengan urutan PENAMBAHAN BANDWIDTH --> PENAMBAHAN PAKET HOTSPOT --> GENERATE VOUCHER.

Baca Juga :

Modifikasi Design Print Voucher PHPMixBill Part-2

Jika langkah-langkah anda sudah benar dan sesuai dengan panduan pada artikel ini serta ip publik ataupun DDNS anda tidak terblokir oleh penyedia layanan web hosting, anda sudah bisa melihat seperti gambar berikut ini pada router hotspot :
add-hotspot-profile_phpmixbill
add-hotspot-profile-mikrotik

Selanjutnya tinggal mengintegrasikan template hotspot mikrotik dengan PHPMixBill agar kode voucher yang digenerate oleh PHPMixBill bisa digunakan sebagai autentikasi login hotspot.

Baca Juga :

Tutorial Install dan Setting PHPMixBill sebagai Billing Hotspot MikroTik



Jika ada bagian yang kurang dipahami silahkan tinggalkan pertanyaan di komentar, secepatnya akan saya tanggapi. Demikianlah artikel mengenai Cara Setting PHPMixBill Pada Web Hosting yang bertujuan agar bisa terhubung ke router mikrotik pada jaringan anda dan mudah-mudahan bisa memberi manfaat. Untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya ikuti terus ikuti terus TopSETTING.COM.

   

Leave a Comment

4 Comments on "Cara Setting PHPMixBill Pada Web Hosting"

Notify of
avatar
Sort By:   Newest | Oldest | Most Voted
M Ahsan
Guest

If the API port is changed to 443 it will be red due to a conflict with the WWW-SSL Port 443 whereas WWW-SSL is used for HTTPS Access. Please guide me what should i do. I am new here. Thanks in advance.

syahendra
Guest
syahendra

Jika Port API nya dirubah menjadi 443 akan berwarna merah karena bentrok dengan Port WWW-SSL yang juga 443 sedangkan WWW-SSL kan digunakan untuk Akses HTTPS.

Solusi lainya gmn bang, karena kebanyakan kita kan menggunakan Webhost Shared jadi ga bisa request open Port 8728.

wpDiscuz