Digital Ocean • Fast and Secure VPSCloud Computing Platform of Virtual Servers (Droplets), Object Storage (Spaces) and More



Cara Install PHPMixBill Pada Web Hosting


Cara Install PHPMixBill Pada Web HostingCara Install PHPMixBill Pada Web Hosting – Kali ini saya masih membahas seputar Tutorial PHPMixBill yang mana pada salah satu artikel terdahulu saya sudah membahas Tutorial Install dan Setting PHPMixBill sebagai Billing Hotspot MikroTik pada server linux dan untuk pengguna XAMPP bisa mengikuti panduan pada https://www.youtube.com/watch?v=tCgA7EZO–8

Pada artikel ini saya akan membahas Tutorial Install PHPMixBill Pada Web Hosting karena permintaan dari beberapa kawan-kawan yang masih kurang paham untuk penerapan pada web hosting. Source paket PHPMixBill yang akan saya gunakan disini adalah source paket yang sudah saya modifikasi beserta template hotspot yang juga sudah dimodifikasi sehingga sudah ada integrasi ke server PHPMixBill.




Baca Juga :

Disini saya tidak akan menggunakan main domain untuk akses ke PHPMixBill, melainkan saya akan menggunakan sub-domain dikarenakan main domain saya sudah digunakan untuk blog ini, silahkan anda sesuaikan jika ingin menggunakan main domain. Silahkan login ke cPanel dan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Buat sebuah sub-domain baru , perhatikan contoh gambar berikut, berdasarkan gambar nanti kita mengakses PHPMixBill menggunakan phpmixbill.topsetting.com

    phpmixbill-pada-webhosting-step1
  • Setelah selesai membuat sub-domain, kembali ke beranda cPanel dan selanjutnya buat database untuk PHPMixBill pada menu MySQL® Database Wizard , perhatikan urutan gambar-gambar berikut :

    phpmixbill-pada-webhosting-step2
    phpmixbill-pada-webhosting-step3
    phpmixbill-pada-webhosting-step4
    phpmixbill-pada-webhosting-step5

    Baca Juga :

    Selesai pada gambar terakhir diatas, pembuatan database untuk phpmixbill juga selesai dan silahkan kembali ke beranda cPanel dan kita lanjutkan ke langkah selanjutnya.

  • Selanjutnya anda download source paket PHPMixBill Modifikasi + Template Hotspot Modifikasi pada komputer anda, silahkan download melalui salah satu dari url ini dibawah ini :
    DOWNLOAD DISINI
    atau
    DOWNLOAD DISINI
  • Kemudian anda ekstrak source paket yang sudah didownload yang mana akan ada 2 buah folder pada hasil ekstrak yaitu phpmixbill dan hotspot template
  • Anda kompres ulang folder phpmixbill yang sudah diekstrak sehingga menjadi phpmixbill.zip
  • Kemudian anda buka menu File Manager pada beranda cPanel hosting anda dan upload file phpmixbill.zip ke dalam root folder sub-domain yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya. Contoh Path : /home/user_anda/public_html/root_folder_subdomain/,
    kemungkinan format path ini berbeda-beda pada beberapa web hosting, jadi silahkan anda sesuaikan. Perhatikan gambar berikut :

    phpmixbill-pada-webhosting-step6
  • Setelah proses upload selesai, silahkan ekstrak file phpmixbill.zip yang sudah diupload pada File Manager cPanel. Sehingga penampakannya kurang lebih seperti gambar berikut ini :

    phpmixbill-pada-webhosting-step7
  • Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, file-file PHPMixBill berada dalam folder phpmixbill, terlebih dahulu anda pindahkan semua isi dalam folder phpmixbill ke root folder sub-domain yang akan digunakan, perhatikan gambar-gambar berikut ini :

    phpmixbill-pada-webhosting-step
    phpmixbill-pada-webhosting-step9
  • Setelah semua langkah-langkah diatas selesai, selanjutnya kita akan mulai proses instal. Silahkan anda akses subdomain yang sudah dibuat untuk PHPMixBill pada web browser, misalnya http://phpmixbill.topsetting.com, silahkan sesuaikan dengan subdomain yang anda buat pada web hosting anda. Perhatikan urutan gambar berikut ini :

    phpmixbill-pada-webhosting-step10
    phpmixbill-pada-webhosting-step11
    phpmixbill-pada-webhosting-step12
    phpmixbill-pada-webhosting-step13
    phpmixbill-pada-webhosting-step14
    phpmixbill-pada-webhosting-step15

Setelah anda melihat tampilan seperti gambar terakhir, berarti anda sudah selesai untuk tahap Install PHPMixBill pada Web Hosting, silahkan login ke admin dasboard, default username : admin , default password : 123456.



Selanjutnya tinggal dikonfigurasikan agar bisa terhubung ke router hotspot di jaringan internal anda. Untuk pembahasan tentang hal ini akan saya bahas di artikel mendatang, jadi ikuti terus TopSETTING.COM untuk mendapatkan artikel-artikel atau tutorial-tutorial menarik lainnya. Selamat mencoba.

   

Leave a Comment

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz