Cara Agar HP Tidak Disadap oleh Orang Tak Dikenal


Cara agar HP tidak disadap

Pesatnya perkembangan teknologi tak hanya menimbulkan sisi positif, tapi juga negatif yang sangat merugikan. Salah satu sisi negatifnya adalah banyak yang menyadap perangkat HP orang lain. Tapi kamu tak perlu khawatir jika tahu cara agar HP tidak disadap oleh orang-orang tak bertanggung jawab.



Perilaku penyadapan ini tentu saja sangat merugikan pemilik HP karena bisa saja semua data bisa dicuri. Oleh karena itu kamu harus melakukan antisipasi dari sekarang sebelum HP kamu disadap.

 

Cara Mengetahui HP Sedang Disadap

Sebelum melakukan tindakan pencegahan, sebaiknya kamu tahu dulu apa ciri-ciri HP yang sedang disadap. Ada dua kode rahasia yang bisa biasa digunakan untuk mendeteksi penyadap HP.

Kode pertama adalah *#21# yang berfungsi untuk mengecek penyadap. Kamu bisa menggunakan kode ini untuk memeriksa apakah ada pengalihan panggilan yang aktif atau tidak. Jika ada, berarti ada orang yang sedang menyadap HP kamu.

Untuk caranya kamu tinggal ketik  *#21#, kemudian tekan tombol panggil di HP. Setelah itu akan muncul keterangan  yang berisi informasi apakah ada pengalihan panggilan atau tidak.

ada pengalihan panggilan atau tidak

Kode yang kedua adalah ##002# yang berfungsi untuk menghentikan aktivitas si penyadap pada ponsel kamu. Kamu bisa langsung membatalkan pengalihan panggilan jika dirasa sudah ada orang yang menyadap ponsel kamu.

Setelah itu, si penyadap tidak akan bisa lagi mengetahui panggilan yang masuk ke HP kamu. Cara menggunakan kode tersebut sangat mudah seperti cara yang pertama. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Baca Juga : Aplikasi untuk Menyadap WA Pasangan



 

Cara Menghindari Penyadapan HP

Lalu langkah apa yang harus kamu lakukan untuk mencegah HP agar tidak disadap? Langkah-langkahnya bisa kamu pelajari di bawah ini.

1. Matikan HP Saat Tidak Dipakai

Ketika HP sedang tidak digunakan, sebaiknya kamu matikan saja. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah mata-mata untuk mengakses data yang ada di dalam smartphone . Karena bisa saja mereka mendapatkan data-data penting kamu.

Sekarang ini juga sudah banyak program spyware  yang bisa digunakan pada smartphone. Program tersebut bisa mencegah atau menghalangi kamu untuk mematikan ponsel.

Dengan mematikannya, kamu akan tahu apakah ponsel kamu itu tengah disadap oleh orang lain atau tidak.

2. Nonaktifkan GPS & Bluetooth

Cara agar kontak HP tidak disadap yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah menonaktifkan GPS  (Global Positioning System). Tak hanya GPS saja, fitur lain seperti Bluetooth juga sebaiknya kamu matikan jika memang sedang tidak digunakan.

Pastikan Bluetooth kamu hanya terkoneksi dengan orang-orang yang kamu kenal. Karena Bluetooth dan GPS ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang ingin memata-matai ponsel kamu.

Ketika GPS dan Bluetooth aktif, mereka akan dengan mudahnya melacak keberadaan kamu dengan mudah. Jadi sebaiknya nonaktifkan kedua fitur konektivitas tersebut jika memang sedang tidak digunakan.

3. Install Aplikasi Anti Spyware

Sekarang sudah banyak platform yang menawarkan aplikasi anti sadap HP. Salah satunya adalah Mobileshox.com yang menawarkan program anti spyware. Untuk menggunakannya, pengguna harus download langsung aplikasinya di situs https://www.mobileshox.com/mobile-phone-anti-spyware/.

Ketika menggunakan ponsel, kami sarankan untuk tidak tergiur dengan aplikasi dengan proteksi yang sangat ketat. Karena bisa saja hal itu akan membuat performa ponsel kamu menjadi lebih buruk.

Dengan menggunakan kata sandi sebagai keamanan seharusnya sudah cukup kuat untuk melindungi ponsel kamu dari penyadapan. Tapi pastikan kata sandi tersebut sulit untuk ditebak oleh orang lain.

4. Hubungi Penyedia Seluler

Ketika merasa HP kamu sudah disadap atau dimata-matai oleh orang lain, segera untuk menghubungi penyedia layanan seluler yang kamu gunakan. Mintalah untuk menghapus berbagai aktivitas pada ponsel kamu untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Tak menutup kemungkinan jika selanjutnya kamu harus mengganti nomor atau handset yang sekarang digunakan. Jadi kamu harus benar-benar yakin sebelum menggantinya.

Cara menghentikan HP disadap yang satu ini harus kamu lakukan jika memang situasinya sudah darurat. Karena cara ini bisa mencegah tindakan-tindakan yang akan selanjutnya yang dilakukan oleh orang yang menyadap ponsel kamu.



Demikianlah beberapa cara agar HP tidak disadap oleh orang yang tak bertanggung jawab. Tindakan apapun sebaiknya perlu kamu lakukan karena untuk melindungi privasi pada ponsel kamu. Jika sudah diretas, kamu sendiri juga sedang berada dalam kondisi yang tidak baik-baik saja.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x