5 Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone Agar Tahan Lama


Cara menjaga kesehatan baterai iPhone

Pada berbagai perangkat smartphone, baterai memiliki peranan yang sangat penting termasuk juga iPhone. Komponen ini harus benar-benar terawat supaya iPhone bisa lebih awet. Cara menjaga kesehatan baterai iPhone juga sebenarnya tidaklah sulit.



Baterai yang cepat habis sudah menjadi masalah utama yang sering dialami oleh para pengguna iPhone. Apalagi penurunan kapasitas daya baterai terjadi dengan signifikan atau mati seketika. Nah! Untuk cara menjaga baterai kamu tetap awet, simak penjelasan kami di bawah ini.

 

1. Matikan iPhone ketika Mengisi Daya

Ketika iPhone sedang di-charge , sebaiknya jangan menggunakannya. Apalagi kalau sampai menggunakannya untuk aplikasi-aplikasi berat seperti editing  video atau bermain game.



Efek ketika kalian menggunakan iPhone ketika diisi daya yaitu daya yang masuk dikhawatirkan akan lebih lebih kecil dari pengeluarannya. Sehingga iPhone kamu nantinya akan lebih panas.

Panas yang disebabkan oleh daya baterai ini sangat berbahaya karena bisa mengganggu kesehatan iPhone kamu. Jika dibiarkan terlalu lama, baterai iPhone kamu akan cepat rusak.

Biarkan pengisian daya optimal iPhone dengan tidak menggunakannya jika memang tidak ada keperluan yang mendesak. Meskipun tidak dimatikan, setidaknya jangan dipakai untuk aplikasi-aplikasi berat.

Gunakan saja untuk keperluan membalas chat. Atau dengan mengaktifkan mode Airplane terlebih dahulu selama beberapa saat.

 

2. Jangan Tunggu Baterai iPhone Habis  (0%)

Jenis baterai yang digunakan oleh perangkat iPhone adalah Lithium-ion. Sehingga akan lebih cepat rusak jika tidak diisi daya oleh listrik sama sekali.

Oleh sebab itu usahakan untuk menjaga kondisi baterai iPhone kamu tetap terisi daya. Dengan kata lain, jangan sampai baterai kamu sampai 0 persen atau mati. Karena hal ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatan baterai iPhone kamu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi , sebaiknya segera charge iPhone ketika dayanya sudah mencapai 20%. iPhone juga akan memberikan notifikasi bahwa kamu harus segera melakukan charge.

Baca Juga : Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Oppo



 

3. Pakai Kabel dan Power Adapter Original

Pernahkah baterai iPhone tidak mau 100 persen padahal sudah diisi daya dengan waktu lama? Hal seperti itu biasanya dipengaruhi oleh kabel maupun power adapter  yang kamu gunakan.

Jadi sebaiknya gunakan kabel dan power adapter yang original atau bawaan langsung dari iPhone. Penggunaan kabel dan power adapter yang original akan menjamin bahwa arus daya yang masuk benar-benar stabil.

Kalau sampai nekad menggunakan charger yang abal-abal, siap-siap saja menerima resikonya. iPhone kamu akan lebih mudah rusak karena pemasukan arus listriknya tidak stabil.

 

4. Hindari  iPhone dari Suhu Tinggi

Pihak Apple pernah mengungkapkan kalau iPhone dirancang pada suhu 0 sampai 35 derajat celcius. Jika berada di atas suhu 35, tentu saja akan sangat membahayakan kondisi iPhone kamu.

Ketika iPhone kamu sedang di-charge, kemudian digunakan aplikasi-aplikasi berat, iPhone akan sangat panas. Dengan kata lain, kondisinya akan berada di atas 35 derajat Celcius.

Jika kondisinya demikian, kesehatan baterai iPhone kamu akan terganggu. Lebih baik nonaktifkan iPhone atau aktifkan mode Airplane jika sedang diisi daya.

 

5. Lepas Pelindung iPhone ketika Isi Daya

Pelindung body  atau casing  bisa saja berdampak buruk pada kondisi kesehatan iPhone kamu. Casing HP yang tebal akan membuat sirkulasi udara iPhone menjadi terganggu.

Panas yang dikonsumsi oleh iPhone tidak akan keluar karena terganggu dengan case. Sehingga baterai kamu akan semakin panas ketika sedang di-charge. Jadi sebaiknya lepaskan saja casing sementara waktu ketika iPhone sedang diisi daya.

Baca Juga : Cara Agar Hp Tidak Disadap

 

6. Optimasi Kecerahan Layar iPhone

Brightness  yang terlalu terang akan membuat konsumsi daya baterai semakin besar. Akibatnya iPhone kamu juga akan lebih mudah panas. Meskipun sangat sepele, tapi cara agar kesehatan baterai iPhone tidak menurun ini sangatlah penting.

Kami sarankan untuk mengaktifkan fitur Auto Brightness supaya kondisi baterai tetap awet. Selai itu, aktifkan juga Lower Power Mode untuk menghemat penggunaan daya baterai.

Mode tersebut juga dengan otomatis akan mengoptimasi brightness layar, dan meminimalisir akvitias di belakang layar. Karena banyak juga aplikasi di belakang layar yang berjalan yang tidak diketahui oleh penggunanya.



Itulah ulasan kami mengenai cara menjaga kesehatan baterai iPhone yang bisa kamu lakukan. Sebaiknya kamu lakukan tips di atas untuk mencegah iPhone kamu rusak. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x