5 Prosesor HP terbaik di Dunia Dengan Performa Kencang


Prosesor HP terbaik

Chipset atau prosesor merupakan tulang punggung utama bagi sebuah perangkat smartphone. Prosesor yang baik juga akan membuat performa dari smartphone juga lebih baik. Tak heran jika banyak vendor yang bersaing untuk memperoleh prosesor HP terbaik di dunia.



Berbicara tentang prosesor, setiap developer akan terus mengeluarkan versi terbarunya. Dengan begitu titel prosesor atau CPU HP terbaik juga akan terus berubah dari waktu ke waktu. Tapi setidaknya 5 prosesor ini masih kamu pertimbangkan ketika ingin membeli smartphone.

 

1. Apple A13 Bionic

Prosesor ini memang hanya tersedia untuk pengguna iPhone saja karena dikembangkan sendiri oleh Apple. Prosesor Apple A13 Bionic diklaim mempunyai performa yang sangat kencang, tetapi hemat daya.



Chipset besutan Apple ini mempunyai 6 prosesor inti di dalamnya dengan performa yang tentu saja sangat kencang. Prosesor tersebut memiliki clock speed sebesar 2,65 GHz yang disebut dengan “Lightning”.

Kemudian keempat prosesor lainnya dirancang khusus untuk pengiritan daya yang disebut dengan “Thunder”.

Bila kita bandingkan dengan versi sebelumnya yaitu Apple A12 Bionic, chipset terbaru besutan Apple ini mempunyai performa 20 persen lebih kencang. Untuk daya baterainya juga 40 persen lebih irit.

Prosesor Apple A13 Bionic ini terdapat pada varian iPhone 11 yaitu baik untuk versi Reguler, Pro, maupun Max.

 

2. Snapdragon 865+

Banyak pecinta gadget yang terpincut dengan chipset besutan Mediatek ini karena performanya yang tak diragukan lagi. Tak hanya dipasangi dengan prosesor dengan clock speed tinggi, GPU yang ditanamkan juga berteknologi tinggi.



Snapdragon 865+ terdiri dari tiga klaster prosesor di dalamnya. Klaster pertama adalah Kryo 585 yang terdiri dari empat core dengan clock speed 1.8 GHz. Jika kita perhatikan dari clock speed-nya, klaster pertama ini memang dirancang khusus untuk hemat daya.

Klaster yang kedua terdiri dari tiga core dengan clock speed sebesar 2.42 GHz yang dirancang khusus untuk performa kencang. Nah, untuk klaster utamanya yaitu Kryo 585 yang hanya memiliki satu core saja. Klaster utama ini mempunyai clock speed 3.1 GHz yang dirancang untuk performa yang lebih kencang.

Snapdragon 865+ ini termasuk prosesor HP terbaik untuk game karena memiliki fitur yang sangat lengkap. Smartphone yang dikabarkan akan menggunakan chipset ini diantaranya adalah ponsel khusus gaming, ASUS ROG III.

 

3. Exynos 990

Chipset ini dirancang untuk berbagai perangkat produk Samsung, salah satunya adalah seri Samsung Galaxy S20. Bila kita sandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu Exynos 9825, Exynos versi terbaru ini diklaim memiliki performa 20 persen lebih ngebut untuk kemampuan GPU-nya.

Exynos 990 ini terdiri dari empat inti yang dibagi ke dalam tiga klaster. Klaster pertama terdiri dari 2 prosesor Mongoose 2.73 GHz yang dirancang untuk performa yang cepat.

Klaster kedua terdiri dari 2 prosesor Cortex-A76 2 dengan clock speed 2.50 GHz. Klaster yang ketiga terdiri dari 4 prosesor Cortex-A55 dengan clock speed 2.00 GHz.

Sementara untuk prosesor grafiknya menggunakan GPU Mali-G77 memiliki performa 20 persen lebih baik dari versi sebelumnya.

 

4. Snapdragon 865

Sebelum terdapat Snapdragon 865+, Snapdragon 865 merupakan fondasi utamanya yang disebabkan oleh teknologinya yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada sisi clock speed karena Snapdragon 865+ memang dirancang khusus untuk gaming.

Ponsel-ponsel yang memakai Snapdragon 865 ini diantaranya adalah Black Shark 3, Oppo Find X 2 Series, Xiaomi Mi 10, dan Pocophone F2 Pro. Jika kita perhatikan semua ponsel tersebut adalah ponsel premium yang dikhususkan untuk golongan menengah ke atas.

Baca Juga : Perbedaan Antara Prosesor AMD dengan Intel

 

5. Snapdragon 855

Jika berbicara tentang Snapdragon 855, GPU dan prosesor yang ngebut adalah kelebihannya. Di dalamnya terdapat prosesor Kryo 485 yang ditandemkan dengan pengolah grafis Adreno 64. Sehingga akan membuat chipset Snapdragon 855 ini sangat kencang.

HP dengan prosesor Snapdragon 855 ini dirancang khusus untuk varian ponsel flagship atau kelas premium papan atas. Sebut saja OPPO Reno 10x Zoom dan Xiaomi Mi 9. Bahkan untuk Samsung Galaxy S10 khusus untuk negara Amerika juga menggunakan chipset ini.



Processor HP terbaik nomor berapa yang ingin kamu gunakan? Kalau kamu pecinta gaming, mungkin akan tertarik dengan Snapdragon 865+ yang memang dirancang khusus untuk performa gaming yang lebih mumpuni.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x