Mediatek Vs Snapdragon, Mana yang Lebih Bagus?


Mediatek Vs Snapdragon

Salah satu spe sifikasi yang penting kamu perhatikan saat akan membeli sebuah smartphone  baru adalah jenis chipset  yang digunakan. Persaingan antara Mediatek Vs Snapdragon terus terjadi, sebagai pengguna kamu perlu tahu keunggulan dan kekurangan masing-masing. Apakah cocok dengan kebutuhan penggunaan ponselmu?



Sebenarnya selain Mediatek dan Snapdragon, ada jenis chipset lain yakni Exynos milik Samsung dan Kirin milik Huawei. Namun, kedua chipset tersebut masih kalah saing dengan dua kompetitor besarnya yakni Mediatek dan Snapdragon. Lalu apa saja keunggulan dari dua jenis chipset tersebut?

 

Keunggulan dan Kekurangan Mediatek

Mediatek merupakan chip buatan Taiwan yang secara khusus menyasar segmen pasar kelas menengah. Seri Helio A, seri G, seri X merupakan beberapa seri yang beredar di pasaran yang dimiliki  oleh Mediatek.



Karena secara khusus menyasar segmen menengah, maka tak heran jika smartphone  dengan chipset Mediatek harganya lebih terjangkau.

Secara umum, berikut ini keunggulan dari Mediatek sebagai chipset murah dan tetap berkualitas:

1. Harga Terjangkau

Smartphone  murah biasanya dibekali dengan chipset Mediatek. Murah secara harga terkadang sebanding dengan kualitas performa ponsel yang ditampilkan. Biasanya ponsel lebih cepat panas dan penggunaannya tidak bisa multitasking .

2. Lebih Hemat RAM

Smartphone dengan space  RAM yang besar dan dijual dengan harga terjangkau umumnya menggunakan Mediatek. Chipset ini cukup mampu menampilkan grafis dengan tampilan resolusi tinggi, tetapi RAM yang dibutuhkan cukup hemat.

Mediatek Vs Snapdragon bagus mana? Kamu perlu simak apa yang menjadi kekurangan Mediatek berikut ini.

3. Mudah Overheat

Risiko smartphone murah salah satunya adalah mudah mengalami overheat  atau kondisi panas pada mesin ponsel.



Penyebab terjadinya overheat  tersebut adalah karena ponsel terlalu tinggi menampilkan performa dengan kemampuan chipset yang terbatas. Akibatnya baterai dan mesin pun cepat panas.

Baca Juga : Perbandingan Prosesor AMD dan Intel

4. Baterai Cepat Habis

Selain cepat panas, masalah yang juga penting untuk kamu  pertimbangkan sebelum memilih ponsel dengan chipset Mediatek adalah baterai yang cenderung boros alias cepat habis.

Hal ini disebabkan karena beberapa ponsel dengan chipset jenis ini menampilkan grafis yang maksimal sehingga berimbas pada daya tahan baterai. Masalah ini juga yang kemudian membuat ponsel dengan chipset Mediatek kurang cocok untuk dipakai gaming.

Keunggulan dan Kelemahan Snapdragon

Buat kamu pecinta game mungkin penasaran Mediatek Vs Snapdragon untuk game mana yang lebih sesuai? Guna menjawab hal tersebut, berikut ini kamu perlu simak apa saja keunggulan dari prosesor buatan Amerika tersebut:

1. Teknologi CPU Core Paling Mutakhir

Hal yang tak perlu kamu ragukan adalah keunggulan teknologi CPU Core yang disematkan oleh Qualcomm pada Snapdragon adalah teknologi yang selalu paling mutakhir.

Sehingga tak heran jika chipset ini mampu mengakses berbagai aplikasi dengan tampilan grafis paling berat sekalipun.

Itulah sebabnya ponsel-ponsel gaming  dibekali dengan chipset Snapdragon yang dikenal lebih tangguh.

2. Kinerja Prosesor yang Tangguh

Bukan hanya unggul secara tampilan grafis saja, kinerja prosesor Snapdragon juga dinilai memiliki kecepatan yang lebih bagus. Kinerja lebih stabil dan sangat bisa diandalkan untuk gaming .

3. Efisiensi Baterai yang Lebih Bagus

Kinerja yang bagus dan stabil menyebabkan ponsel dengan chipset Snapdragon memiliki daya tahan baterai yang lebih unggul. Cocok untuk kegiatan di lapangan, gaming dan sebagainya yang membutuhkan daya tahan baterai terbaik.

Unggul dalam hal kualitas ternyata sepadan dengan harganya. Seperti diketahui ponsel-ponsel dengan chipset Snapdragon memang menawarkan harga lebih mahal dibandingkan Mediatek. Inilah yang menjadi kekurangan chipset ini. Dengan spe sifikasi yang sama terkadang menawarkan selisih harga yang lumayan karena alasan chipset Snapdragon yang dipakai.

Sekarang kembali lagi ke kebutuhan kamu menggunakan ponsel untuk apa? Kalau kamu terbiasa gaming  atau aktivitas multitasking  di smartphone maka lebih disarankan untuk menggunakan ponsel dengan chipset Snapdragon. Sebaliknya jika kebutuhan kamu hanya standar untuk komunikasi, Mediatek sudah cukup bagus.



Nah, cukup jelas bukan penjelasan tentang Mediatek Vs Snapdragon? Penjelasan ini bisa jadi panduan kamu dalam membeli ponsel baru. Jangan hanya tergiur dengan spe sifikasi dan harga yang murah, tetapi perhatikan juga kualitas dan kebutuhan kamu dalam memakai ponsel.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x