Perbandingan AMD vs Intel, Mana yang Lebih Kuat?


Perbandingan AMD vs Intel

Berbicara tentang prosesor laptop atau PC  (Personal Computer), kebanyak an orang pasti akan memilih Intel atau AMD. Kamu sendiri pasti akan kebingungan apakah harus pakai laptop yang pakai AMD atau Intel. Apalagi sekarang banyak orang yang memperdebatkan AMD vs Intel.



Persaingan kedua raksasa produsen prosesor ini kian memanas karena menawarkan keunggulannya masing-masing. AMD vs Intel 2021 kian memanas seiring dengan maraknya industri gaming . Nah berikut ini adalah perbedaan prosesor AMD dan Intel.

 

1. Speed

Parameter pertama yang bisa kamu bandingkan adalah   atau kecepatannya. Kenapa ini penting? Ketika membeli laptop, kamu tidak ingin ’kan  sistem kerja laptop kamu itu lemot banget?

Oleh karena itu speed menjadi hal yang harus benar-benar kamu pertimbangkan ketika membeli laptop atau PC. Dengan speed yang tinggi, kamu bisa lebih cepat mengerjakan berbagai hal seperti mengerjakan tugas atau pekerjaan.

Dari hasil benchmark  kedua prosesor tersebut, Intel diklaim mempunyai speed yang lebih cepat dibandingkan AMD. Tapi perbedaan tersebut tidaklah signifikan dan tidak mutlak.

Speed atau sering juga disebut Frame per Second  (FPS) benar-benar harus dipertimbangkan ketika membeli laptop. Terutama kalau kamu sering melakukan pekerjaan-pekerjaan berat seperti bermain game d an editing  video.

 

2. Grafis Game

Seperti sudah kami singgung, kedua developer prosesor tersebut terus berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Apalagi sekarang ini pecinta game-game online di laptop sudah berkembang dengan pesat.

Banyak game seperti game bergenre FPS yang bisa dimainkan di berbagai jenis laptop. Sebut saja Counter Strike, Call Of Duty, dan Rage 2. Ketiganya merupakan game berat yang akan lebih baik jika dimainkan di laptop yang punya spe sifikasi tinggi.

Nah! Jika parameternya adalah grafis game , AMD lebih unggul dibandingkan dengan Intel. AMD jauh lebih kuat dari Intel karena mampu bertahan memainkan game dengan durasi yang sama meskipun suhu laptopnya meningkat.



Baca Juga : Perbedaan Sistem 32-Bit dengan 64-Bit

 

3. Manajemen Suhu

Apakah kamu pernah merasakan jika laptop itu suhunya akan meningkat jika dipakai terlalu lama? Ternyata  prosesor juga memiliki peranan yang sangat penting untuk manajemen suhu karena letaknya juga berada di samping kipas.

Untuk kamu yang sering bekerja dalam waktu lama menggunakan laptop, parameter ini harus dipertimbangkan. AMD vs Intel bagus mana jika ditinjau dari manajemen suhunya.

Intel memiliki terobosan yang lebih bagus untuk manajemen suhu pada laptop atau PC. Sehingga kinerja dari laptop akan otomatis diturunkan secara otomatis ketika suhu laptop meningkat.

Dengan begitu, Intel jauh lebih baik dibandingkan dengan AMD untuk manajemen suhunya. Kalau kalau pakai laptop dengan prosesor Intel tidak akan terlalu cepat panas ketika digunakan dalam waktu yang meningkat. Hanya saja kinerjanya dikurangi.

 

4. Virus

Baik di dunia nyata maupun teknologi, virus memang sangat berbahaya. Kehadiran virus di dalam laptop akan memperburuk kinerjanya sehingga menjadi lebih lambat. Lebih buruknya lagi bisa membuat laptop kamu mati seketika.

Nah! AMD memiliki teknologi tersendiri untuk menangkal virus yang bisa masuk ke dalam laptop. AMD memiliki fitur yang bisa mendeteksi kehadiran virus, sehingga Anda bisa segera melakukan tindakan.

Sementara untuk Intel belum memiliki teknologi yang se-mutakhir AMD dalam penanganan virus atau malware . Dengan begitu, AMD bisa dikatakan lebih bagus dibandingkan Intel.

 

5. Multimedia

Dari sisi multimedia, Intel lebih menggiurkan dibandingkan dengan AMD. Gambar yang ditampilkan oleh prosesor Intel ini terbilang jauh lebih tajam dan jelas dari AMD.

Dengan begitu bisa dikatakan kalau AMD ini sedikit lebih tertinggal dari Intel jika ditinjau dari multimedianya. Jika kalian sudah sering bermain game di laptop pasti akan merasakannya.

Baca Juga : Perbandingan Mediatek vs Snapdragon

 

6. Harga

Perbandingan prosesor AMD dan Intel untuk laptop juga bisa ditinjau dari sisi harganya. Meskipun tak memiliki perbedaan yang signifikan, tapi AMD perlu mengakui kekalahannya dari sisi harga.

Intel dijual dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan AMD. Tapi itu semua kembali lagi kepada kamu sebagai penggunanya. Kalau menginginkan laptop dengan spesifikasi tinggi, AMD adalah pilihan yang tepat.

Sementara jika menginginkan performa multimedia yang lebih baik, menggunakan laptop dengan  prosesor Intel adalah pilihan yang sangat tepat.

Kemudian setiap developer  pasti akan terus melakukan pembaharuan supaya performa prosesor jauh lebih baik. Mungkin saja kedepannya AMD akan jauh lebih unggul dari Intel.



Menurut kamu siapa yang lebih bagus antara AMD vs Intel ini? Mungkin saja kamu sudah pernah menggunakan kedua prosesor tersebut untuk berbagai keperluan.

00vote
Article Rating

   
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x