Digital Ocean • Fast and Secure VPSCloud Computing Platform of Virtual Servers (Droplets), Object Storage (Spaces) and More



Cara Setting VPN PPTP di MikroTik (Server dan Client)


Cara Setting VPN PPTP di MikroTikCara Setting VPN PPTP di MikroTik (Server dan Client) – Kali ini saya akan sharing artikel sederhana yang berisi tutorial Cara Setting VPN PPTP di MikroTik (Server dan Client). Bagi yang belum mengetahui apa itu VPN, berikut sedikit kutipan penjelasan dari artikel Tutorial Membuat VPN Server PPTP Pada Debian Jessie.

Apa itu VPN ? VPN atau Virtual Private Network adalah metode yang digunakan sebagai penghubung antar jaringan baik itu jaringan lokal ataupun jaringan publik yang bersifat private atau pribadi dengan membentuk jalur sendiri (tunnel/terowongan) dan melalui koneksi yang ada. VPN memungkinkan kita untuk bisa terhubung antar jaringan lokal yang dipisahkan oleh jaringan publik




Jadi bila disederhanakan, VPN itu adalah jaringan virtual yang berada didalam jaringan nyata. Sekarang kita kita akan mencoba mengkonfigurasi VPN di rotuer mikrotik khususnya VPN jenis PPTP atau Point to Point Tunneling Protocol.

Syarat dan Kondisi

Setidaknya anda harus menyiapkan 1 buah router mikrotik dan 1 buah laptop atau komputer yang sudah terhubung ke internet atau jaringan lokal. Disini kita akan mempraktekkan Cara Setting VPN PPTP di MikroTik sebagai VPN Server dan VPN Client. Jadi disini saya asumsikan bahwa mikrotik anda sudah terhubung ke internet dan laptop/komputer anda sudah terhubung ke mikrotik dan sudah bisa mengakses internet melewati mikrotik. Pastikan mikrotik anda bisa diakses dengan tool WinBOX, jika anda tidak mempunyai tool WinBOX silahkan download melalui situs resmi mikrotik indonesia : DOWNLOAD WINBOX

Baca Juga :

Cara Menghubungkan MikroTik ke Internet Untuk Pemula

MikroTik Sebagai Server VPN PPTP

Pada langkah ini kita akan mengkonfigurasikan mikrotik sebagai Server VPN PPTP, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Membuat Address Pool Untuk Klien VPN, jika anda ingin menggunakan pool address dengan range yang berbeda silahkan anda sesuaikan pada baris perintah dibawah ini dan lanjutkan dengan mengcopy paste ke terminal mikrotik :

    /ip pool add name=pool_vpn_pptp ranges=172.16.25.100-172.16.25.254

  2. Membuat Profile VPN, untuk membuat profile yang akan digunakan secara otomatis oleh klien VPN, jalankan perintah dibawah ini pada terminal mikrotik :

    /ppp profile
    add dns-server=172.16.25.1 local-address=172.16.25.1 name=profile_vpn_pptp remote-address=pool_vpn_pptp

  3. Mengaktifkan PPTP Server, agar VPN PPTP di mikrotik bisa digunakan, terlebih dahulu enablekan service PPTP Server pada mikrotik dengan perintah berikut ini :

    /interface pptp-server server
    set authentication=pap,chap,mschap1,mschap2 default-profile=profile_vpn_pptp enabled=yes

  4. Membuat Username dan Password untuk Klien VPN, jalankan perintah berikut ini pada terminal mikrotik untuk membuat username dan password untuk klien VPN, username dan passwordnya silahkan disesuaikan :

    /ppp secret
    add name=user1 password=123 profile=profile_vpn_pptp

  5. VPN Siap Digunakan, selanjutnya kita tes menghubungkan laptop/komputer anda ke VPN Server di MikroTik.Ikuti panduan pada gambar-gambar dibawah ini :

    # SETUP NEW CONNECTION OR NETWORK
    Membuat Koneksi VPN pada Windows 7 - step1-min

    # CONNECT TO A WORKPLACE
    Membuat Koneksi VPN pada Windows 7 - step2-min

    # USE MY INTERNET CONNECTION (VPN)
    Membuat Koneksi VPN pada Windows 7 - step3-min

    # ISIKAN IP SERVER VPN (IP MikroTik / DDNS), sesuaikan ip server vpn dengan kondisi ditempat anda, anda juga bisa menggunakan DDNS jika anda mempraktekkan pada jaringan publik.
    Membuat Koneksi VPN pada Windows 7 - step4-min

    # ISIKAN USERNAME DAN PASSWORD (AKUN VPN), Sesuaikan Username dan Password VPN yang digunakan dengan Username dan Password VPN yang sudah anda buat pada mikrotik pada langkah sebelumnya.
    Membuat Koneksi VPN pada Windows 7 - step5-min

    # VPN SUDAH TERHUBUNG (CONNECTED)
    Membuat Koneksi VPN pada Windows 7 - step6-min

 

MikroTik Sebagai Klien VPN PPTP

Pada langkah ini kita akan mengkonfigurasikan mikrotik sebagai Klien VPN PPTP, pastikan mikrotik anda terhubung ke internet karena kita akan melakukan tes menghubungkan mikrotik anda ke server VPN saya sendiri, saya akan bagikan 3 username dan password VPN untuk trial selama 3 hari sebagai bahan praktek.

Bagi anda yang tidak kebagian silahkan hubungi saya via email efdika.doank@gmail.com atau komentar pada artikel ini untuk mendapatkan username dan password VPN untuk trial selama 3 hari setelah username dan password saya kirimkan (khusus untuk pembelajaran). Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Membuat interface VPN PPTP, untuk membuat interface VPN PPTP jalankan perintah berikut ini pada terminal mikrotik :

    /interface pptp-client
    add comment=vpn-pptp connect-to=server_vpn disabled=no name=VPN-PPTP user=username_vpn password=password_vpn

    Sesuaikan tulisan yang berwarna biru, connect-to, user dan password.

  2. Mengaktifkan NAT Masquerade Interface VPN PPTP, silahkan jalankan perintah berikut pada terminal :

    /ip firewall nat
    add comment=nat-vpn-pptp chain=srcnat out-interface=VPN-PPTP action=masquerade

  3. Tes trafik ICMP (Ping) ke DNS 8.8.8.8 di-route ke Interface VPN, sebagai bahan percobaan kita akan tes membuat satu buah routing statik untuk trafik dns 8.8.8.8 agar lewat ke interface VPN, jalankan perintah berikut di terminal mikrotik

    /ip route
    add comment=via-VPN-PPTP dst-address=8.8.8.8 gateway=VPN-PPTP

    Berikut ini contoh penampakan hasil dari langkah diatas pada tempat saya, hanya nama interface VPN-nya saja yang berbeda.
    Cara Setting VPN PPTP di MikroTik - test ping 8.8.8.8-min

  4. Silahkan anda tes juga membelokkan trafik lain ke interface VPN anda yang sudah berstatus connected, seperti trafik games online dan lain-lain, silahkan dioprek.

Ingat, konfigurasi untuk mikrotik sebagai klien VPN yang ada pada penjelasan diatas akan berjalan normal jika anda menggunakan 1 buah line internet, jika anda menggunakan 2 buah line internet, silahkan buat statik routing yang destination address-nya mengarah ke ip server VPN dan gatewaynya anda arahkan ke line internet yang ingin digunakan sebagai jemabatan penghubung ke server VPN. Ini bertujuan agar trafik masuk dan keluar ke server IP VPN bisa menggunakan line internet yang sama dan tidak terjadi perpindahan dan pertukaran gateway, jadi silahkan sesuaikan.



Sekian dulu untuk artikel kali ini, semoga pembahasan mengenai Cara Setting VPN PPTP di MikroTik bisa memberi pengalaman dan ilmu baru untuk anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada kesalahan yang tidak terperhatikan oleh saya pada artikel diatas mohon kirimkan ralat melalui komentar atau email.

   

Leave a Comment

9 Comments on "Cara Setting VPN PPTP di MikroTik (Server dan Client)"

Notify of
avatar
Sort By:   Newest | Oldest | Most Voted
Ipras NET
Guest
Mau tanya mas, saya ada VPS CHR buat sekedar belajar. Saya ingin agar 1 IP address sepenuhnya menggunakan koneksi dari VPN. Sudah saya mark routing agar IP tersebut mengarah ke VPN. Saya mendapatkan kendala yaitu koneksi internet tidak dapat digunakan, hanya akses lokal saja yang bisa. Untuk server sendiri saya sudah uji dial up PPTP menggunakan windows dapat berjalan normal untuk browsing. akan tetapi saat diterapkan menggunakan pptp client di mikrotik tidak bisa digunakan sama sekali. Topologi : RB951Ui -> PPtP VPN -> CHR -> Internet. Untuk saat ini koneksi dari CHR hanya saya gunakan untuk DNS premium dan akses… Read More »
jaf
Guest
jaf

gmna caranya ktika pc konek vpn, tdk mnggunakan kneksi dri vpn itu sndiri.
misalnya sya d kntor konek internet dngan ping normal , disaat pc kantor konek vpn untuk pntau jaringan dirumah. ping jdi bngkak.
solusinya gmna?

wpDiscuz