Digital Ocean • Fast and Secure VPSCloud Computing Platform of Virtual Servers (Droplets), Object Storage (Spaces) and More



Membagi Bandwidth Warnet Dengan Queue Simple


Cara Membagi Bandwidth Warnet Dengan Queue SimpleMembagi Bandwidth Warnet Dengan Queue Simple – Kali ini saya akan berbagi beberapa script mikrotik yang bisa digunakan untuk Membagi Bandwidth Warnet Dengan Queue Simple, yaitu script address-list games, script mangle, script queue type dan script queue simple.

Jika mikrotik anda belum terhubung dengan internet, sebaiknya ada ikuti panduan yang ada pada artikel Cara Menghubungkan MikroTik ke Internet Untuk Pemula, setelah mikrotik anda terhubung ke internet baru lah anda ikuti panduan yang ada pada artikel ini.




Syarat dan Kondisi

Versi ROS MikroTik yang digunakan versi 6.x, dan mikrotik anda harus sudah terhubung ke internet dan komputer klien juga sudah terhubung ke internet. Dan penerapan topologi kurang lebih seperti pola berikut ini, dan pada artikel ini modem terhubung ke port ether1 di mikrotik dan hub/switch tehubung ke port ether2 di mikrotik :

INTERNET (Modem) —> MIKROTIK —> HUB/SWITCH —> KLIEN

Agar konfigurasi-konfigurasi yang akan saya jelaskan bisa diterapkan anda harus menggunakan tool WinBOX, terlebih dahulu anda DOWNLOAD WINBOX melalui situs resmi mikrotik indonesia.

 

Copy Paste Address List Local

Copy pastekan script address list berikut ke terminal mikrotik, address list untuk ip lokal dibawah ini saya buat global, jika ada penyesuaian untuk kondisi ditempat anda, silahkan anda sesuaikan terlebih dahulu

Baca Juga :

Tutorial Cara Install MikroTik di VirtualBox

Copy Paste Script Address List Games

Copy paste script address-list games berikut ke terminal mikrotik, ini nanti berfungsi untuk memisahkan koneksi games online dengan koneksi lainnya. Mungkin ada beberapa ip address games online yang masih belum masuk dalam list ini, jadi silahkan lakukan penambahan jika masih ada yang kurang.

Membagi Bandwidth Warnet Dengan Queue Simple - address list-min

 

Copy Paste Script Mangle

Selesai langkah diatas anda lanjutkan dengan mengcopy paste script mangle berikut ke terminal mikrotik, pada script mangle dibawah ini interface yang terhubung ke modem adalah “ether1” dan yang ke hub/switch adalah “ether2“, jadi sebelum anda copy paste script dibawah ini,anda sesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi ditempat anda. Penyesuaian interface ada pada baris 29,30 dan 32,33,34,35

Baca Juga :

Pengertian Prerouting Postrouting Forward di MikroTik

 

Copy Paste Script Queue Type

Selanjutnya anda copy paste script queue type dibawah ini, disini kita akan menggunakan metode PCQ pada queue simple dan tentunya dengan penerapan HTB.

 

Copy Paste Script Queue Simple

Langkah terakhir adalah mengcopy paste script queue simple dibawah ini, disini saya menggunakan koneksi internet 4 Mbps. Jika anda menggunakan koneksi internet dengan kapasitas bandwidth berbeda terlebih dahulu silahkan disesuaikan.

Kurang lebih penampakannya akan seperti gambar berikut ini :

Membagi Bandwidth Warnet Dengan Queue Simple - mangle dan queue simple-min

Script-script diatas sudah saya test sebelumnya, jadi jika langkah anda benar dan syarat serta kondisi sudah sesuai dengan yang saya jelaskan diawal artikel bisa saya pastikan script-script diatas akan berjalan sebagaimana mestinya.

Pola yang saya bagikan diatas adalah pola dasar untuk pemisahan trafik ICMP, DNS, GAMES ONLINE, BROWSING DAN DOWNLOAD yang sangat efisien untuk diterapkan di warnet anda, pola diatas masih bisa anda kembangkan lagi secara detil dalam pemisahan trafik atau akses internet di warnet anda.



Sekian dulu untuk artikel kali ini semoga saja bisa membantu anda dalam mengkonfigurasikan mikrotik untuk warnet agar trafik-trafik yang ada tidak saling berebutan bandwidth. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Jika ada kesalahan yang tidak terperhatikan oleh saya pada artikel diatas mohon kirimkan ralat melalui komentar atau email.

   

Leave a Comment

9 Comments on "Membagi Bandwidth Warnet Dengan Queue Simple"

Notify of
avatar
Sort By:   Newest | Oldest | Most Voted
Rangga
Guest
Rangga

Maaf mas, numpang nanya.
Saya menggunakan speedy 10Mbps, yg rencana nya akan di bagi buat 10 client warnet, dan hotspot. Manajemen upload dan download yg pas buat “packet management”, “echo request”, “games online”, dan “weight packet” seperti apa ya mas ? Mohon pencerahannya.
Baru beli mikrotik, dan gak tau apa-apa, cuma pengen belajar ?

Member

terus yg ini add action=mark-connection chain=prerouting comment=”++ other connections” connection-mark=no-mark new-connection-mark=”OTHER CONN”, ini buat apaan ya mas

Guest
fira

content=!1935 itu apaan mas

wpDiscuz